Nasional

Gempa Guncang Sukabumi, Getaran Terasa di Jakarta

×

Gempa Guncang Sukabumi, Getaran Terasa di Jakarta

Sebarkan artikel ini
Gempa Guncang Sukabumi, Getaran Terasa di Jakarta
Rumah hancur akibat gempa berkekuatan 5,0 bermagnitudo yang berpusat di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa sore (10/3/2020).

matamaduranews.com-Selasa (10/3/2020) sore, gempa bumi sebanyak dua kali mengguncang Sukabumi, Jawa Barat.

Akibat gempa bumi bermagnitudo 5,0 ini, sejumlah rumah mengalami kerusakan. Dan getarannya terasa di Jakarta.

Seperti dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada koordinat 6.81 LS dan 106.66 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 kilometer arah Timur Laut Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” terang BMKG.

Dijelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strike-Slip Fault).

Getaran gempa di Sukabumi dirasa sejumlah daerah. Seperti, Cikidang, Ciambar, Cidahu, dan Kalapa Nunggal, getaran dirasakan hampir semua penduduk.

Sementara itu, di Panggarangan, Bayah gempa berkekuatan III MMI, sehingga getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan terdapat truk yang berlalu.

Sedangkan di Citeko, Sukabumi, gempa berkekuatan II – III MMI, sehingga getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa pendahuluan (foreshock) dengan magnitudo 3,2 sekitar sembilan menit sebelum gempa susulan atau sekitar pukul 17.09 WIB.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

redaksi/tribun

KPU Bangkalan