Berita UtamaBudaya

Gus Muhaimin Buka Kerapan Sapi di Bangkalan 

×

Gus Muhaimin Buka Kerapan Sapi di Bangkalan 

Sebarkan artikel ini
Gus Muhaimin
Festival Kerapan Sapi Gus Muhaimin The Next 2024 di Bangkalan

matamaduranews.com-BANGKALAN – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) membuka Festival Kerapan Sapi Gus Muhaimin The Next 2024 di Stadion Raden Panji Mohammad Noer di Kabupaten Bangkalan, Madura, Minggu (26/2/2023).

Acara itu dihadiri langsung oleh Gus Muhaimin juga Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PKB Dapil Madura Ra Safiuddin Asmoro, Plt Bupati Bangkalan Mohni dan Bupati Pamekasan Badrut Tamam.

Kerapan sapi bertajuk Song Osong Lombhung dari Madura untuk Indonesia tersebut diikui 48 peserta dari berbagai wilayah di Pulau Madura sehingga acara kerapan telihat istinewa dan melambangkan kekokahn tradisi madura yang dilestarikan secara turun temurun masyarakat Madura.

Gus Muhaimin mengaku bangga bisa hadir dan membuka langsung festival karapan sapi yang menjadi tradisi masyarakat Madura,

“Saya sampaikan terima kasih dan bangga atas pelaksanaan Festival Karapan Sapi Gus Muhaimin The Next 2024 ini. Semoga selain menyalurkan sportivitas olahraga dan hobi, festival ini juga melestarikan tradisi dan budaya Madura. Luar biasa bisa menyaksikan langsung karapan sapi ini,” jelas Gus Muhaimin dalam sambutannya

Dia menambahkan, melalui ajang ini bisa melahirkan juara-juara baru. “Kita ingin saksikan prestasi dari sini. Semoga peserta bisa menikmati dan mendapatkan kebanggaaan atas prestasi yang dipupuk dan kembangkan,” Terang dia.

Gus Muhaimin Buka Kerapan Sapi di Bangkalan 

Selain itu, melalui ajang ini bisa menumbuhkan kebersamaan dan tali persaudaraan, serta menjngkatkan tradisi yang dilestatikan secara turun temurun. “Acara ini bisa menumbuhkan kreasi kita tumbuh sebagai masyarakat sosial, tumbuh budayanya dan ekonominya. Kita harus terus produktif dan berinovasi memiliki kemampuan kreatif untuk mampu dan memiliki daya saing,” ungkapnya.

Secara khusus, Gus Muhaimin juga menyampaikan rasa bangga dan kagumnya atas mental dan daya saing masyarakat Madura yang dikenal tangguh dan inovatif.

“Kita saksikan di berbagai belahan Tanah Air masyarakat Madura menjnjukkan keberanian, sportivitas, daya tahan dan inovasi. Sportivitas ini yang harus terus kita jaga dan tumbuhkan,” papar dia

Atas rasa bangga yang dirasakan olehnya, politisi yang menjabat sebagai Wakil DPR RI mengajak masyarakat Madura khususnya untuk terus menunjukkan kreativitas dan keberanian dalam menyongsong masa depan yang penuh dengan berbagai tantangan.

“Dengan modal yang kita miliki, kita akan bisa menghadapi tantangan dan menjadi masyarakat yang maju, sejahtera dan bahagia,” tegas dia

Dia juga menyampaikan semngat kepada para pelaku kerapan sapi untuk menjaga tradisi yang tidak mudah luntur oleh kemajian jaman sehingga kerapan sapi tetap eksi dan terus berkembang untuk mengenalkan Madura.

“Selamat bertanding dan bersaing semoga tradisi karapan sapi ini terus dilaksnaakan secara nasional dan menjadi kebanggaan Indonesia di mata negara-negara. Hidup karapan sapi, hidup Madura, hidup kita semua,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gus Muhaimin juga menyerahkan secara simbolis hadiah berupa dua unit mobil, 4 sepeda motor dan tropi kejuaaraan. (sae)

KPU Bangkalan