Inilah Bacaan Shalawat Penarik Rezeki

Mata Madura - 27/01/2021
Inilah Bacaan Shalawat Penarik Rezeki
ilustrasi - ()
Penulis
|
Editor
Link Banner

matamaduranews.com-Bagi orang Mukmin. Gemar membaca Shalawat Nabi Saw dicatat sebagai amal ibadah dan akan mendapat syafaat Nabi Saw (pertolongan Nabi Muhammad Saw) kelak di kehidupan akhirat.

Membaca shalawat kepada baginda Nabi Muhammad Saw merupakan perintah langsung dari Allah SWT sebagaimana tertuang dalam al-Quran surat al-Ahzab [33] ayat 56.

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,”.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

“Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Hadits lain menerangkan:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Rasulullah SAW bersabda:

وعن ابن مسْعُودٍ أنَّ رسُول اللَّهِ ﷺ قَالَ: أَوْلى النَّاسِ بِي يوْمَ الْقِيامةِ أَكْثَرُهُم عَليَّ صَلاَةً رواه الترمذي

“Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi). Keutamaan membaca sholawat sangat banyak. Di antaranya membuka pintu rezeki.

Shalawat Pembuka Rezeki

Selain menjadi anjuran, para Ulama menjelaskan, ada banyak faedah dalam bershalawat. Salah satunya adalah membuka pintu rezeki.

Berikut Bacaan Shalawat Penarik Rezeki:

  1. Shalawat Jibril

Beberapa sumber menulis, Shalawat Jibril sering diijazahkan para ulama untuk penarik dan pembuka pintu rezeki tak terduga dari segala arah.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

“(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad.”

Cara mendapatkan keberkahan Shalawat Jibril bisa dibaca sebanyak 1000 kali atau 3333 kali.

Bisa juga dibaca lebih banyak, 7.000 kali atau 10.000 kali tiap hari.

  1. Shalawat Adrikni (Adrikiyah)

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَـدْ ضَاقَتْ حِيْلَــتِى أَدْرِكْـنِى يَارَسُوْلَ اللّـهِ

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada jungjungan kami, Nabi Muhammad. Sungguh sempit upayaku, temukanlah (tolonglah) aku, wahai Rasulullah,”.

Khasiat dan keutaman dari Shalawat Adrikni adalah:

– Mendapatkan apa yang diinginkan.

– Semua hajatnya akan dikabulkan oleh Allah dengan cepat.

Salah satu keutamaan shalawat ini adalah untuk memperluas rezeki. Shalawat ini dianjurkan untuk dibaca minimal sebanyak 41 kali setiap selesai shalat fardhu.

  1. Shalawat Nariyah

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

 

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,”.

Dalam kitab Khozinatul Asror (hlm. 179) dijelaskan, “Salah satu shalawat yang mustajab ialah Shalawat Tafrijiyah Qurthubiyah, yang disebut orang Maroko dengan Shalawat Nariyah karena jika mereka (umat Islam) mengharapkan apa yang dicita-citakan, atau ingin menolak yang tidak disukai mereka berkumpul dalam satu majelis untuk membaca shalawat nariyah ini sebanyak 4444 kali, tercapailah apa yang dikehendaki dengan cepat (bi idznillah).”

  1. Shalawat Litawsi’il Arzaq

Shalawat Litawsi’il Arzaq dianjurkan untuk dibaca minimal sebanyak 41 kali setelah shalat fardhu.

Berdasarkan buku 135 Sholawat Nabi karya Habib Syarif Muhammad Aydrus, disebutkan bahwa seseorang yang ingin rezeki yang luas dan akhlak yang baik, maka dianjurkan untuk membaca sholawat ini secara terus menerus usai sholat fardhu sebanyak 11 kali.

Selain itu, jika seorang pedagang menginginkan untuk yang banyak, maka dianjurkan membaca sholawat ini sebanyak 21 kali setiap kali mau berdagang. Maka, dengan izin Allah saat berdagang nanti akan mendapatkan untung yang banyak.

Lafadz shalawat Litawsi’il Arzaq adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُوَسِّعُ بِهَا عَلَيْنَا الْأَرْزَاقَ وَيُحْسِنُ بِهاَ لَناَ الْأَخْلَاقَ وَعَلَى آلِهِ وِصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, rahmat yang meluaskan rezeki bagi kami, yang menjadikan akhlak kami baik, dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada segenap keluarga dan sahabatnya,”.

redaksi

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->