BeritaOlahraga

KONI: Kontingen Sumenep Alami Lompatan Prestasi di Porprov Jatim VII 2022

×

KONI: Kontingen Sumenep Alami Lompatan Prestasi di Porprov Jatim VII 2022

Sebarkan artikel ini
Porprov Jatim VII 2022
Perolehan medali untuk sementara di Porprov Jatim VII 2022

matamaduranews.com-Ketua KONI Kabupaten Sumenep, Sutan Hadi Cahyadi bersyukur kontingen Sumenep mengalami lompatan prestasi dengan raihan sejumlah medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022.

Meski tak masuk peringkat 20 besar untuk sementara. Setidaknya, kontingen Sumenep mengalami kebangkitan prestasi dibanding ajang Porprov Jatim tahun sebelumnya.

“Sebenarnya kami menarget posisi peringkat Sumenep masuk ke 20 besar. Pada ajang Poprov Jatim sebelumnya Kontingen Sumenep berada di peringkat ke 36,” terang Sutan-panggilan akrab Sutan Hadi Cahyadi, kepada Mata Madura, Sabtu pagi.

Sebelum berangkat menuju laga Porprov Jatim di Jember. Koni Sumenep telah mempersiapkan sejumlah Cabang Olahraga (Cabor) andalan Sumenep untuk meraih medali emas, perak dan perunggu pada ajang Porprov VII Jatim 2022.

Cabor andalan Kontingen Sumenep adalah: atletik, bola voli pantai, judo, karate, silat, sepak takraw, angkat besi dan biliar.

Para atlet dari berbagai Cabor itu sudah dipersiapkan jauh sebelum gelaran Porprov Jatim dengan melaksanakan pemusatan latihan di Puslatkab terhadap atlet.

Harapan persiapan itu dalam rangka mewujudkan peringkat 20 pada Porprov Jatim ke-7 2022.  Dengan target 7 mendali emas, sebanyak 13 perak dan sebanyak 5 perunggu.

“Alhamdulillah untuk sementara Kabupaten Sumenep di Porpov Tahun 2022 sudah bangkit dibanding sebelumnya posisinya peringkat ke-36. Semoga sisa waktu ini masuk peringkat 20 besar,” tambah Sutan.

Untuk memotivasi para atlet. Koni Sumenep juga menyiapkan bonus sendiri di luar bonus dari Pemkab Sumenep bagi atlet peraih medali pada gelaran Porprov Jatim VII 2022.

Hanya Sutan tak menyebut berapa besaran bonus tambahan dari Koni Sumenep untuk atlet peraih medali.

Porprov Jatim VII 2022
Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat melepas kontingen Sumenep menuju ajang pekan olahraga provinsi Jatim tahun 2022.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi juga menggelontorkan bonus kepada atlet peraih medali sebagai bentuk komitmen pemkab guna menghargai kerja keras dan prestasi yang diraih para atlet.

Bonus itu berupa uang pembinaan kepada atlet peraih medali emas sebesar Rp 30 juta, medali perak sebesar Rp 20 juta dan medali perunggu sebesar Rp10 juta.

“Pemberian penghargaan merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap para atlet berprestasi demi mengembangkan dunia olahraga di daerah,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep Moh. Ihsan.

Untuk sementara, pada hari ke 6. Kontingen Kabupaten Sumenep berhasil mengumpulkan medali 6 Emas, 7 Perak dan 10 Perunggu dengan total point 48.

Cabor  yang menyumbang medali emas adalah: Bola Voli Pantai, Biliar, Atletik.

Medali Perak diraih dari Cabor: Bola Voli Pantai, Atletik, Sepak Takraw, Angkat Besi.

Medali Perunggu dari Cabor: Judo, Angka Besi, Bola Voli Pantai, Biliar, Sepak Takraw, Petanque, Atletik. (*)

KPU Bangkalan