Mahasiswa UTM Peduli Lansia di Dasuk

×

Mahasiswa UTM Peduli Lansia di Dasuk

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa UTM Peduli Lansia di Dasuk
Mahasiswa KKN UTM saat memberi penyuluhan kesehatan sebelum dilakukan pengobatan gratis ke para lansia di Desa Dasuk, Sumenep. (matamadura)

matamaduranews.comSUMENEP-Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Madura yang tergabung dalam Mahasiswa Program Pengabdian (MPP) 36 mengadakan pengobatan gratis di Desa Jelbudan, Dasuk, Sumenep, Madura, Kamis (2/1/2020).

Para peserta rata-rata para lansia berumur 60 tahun. Sekitar 47 lansia dan 10 kader BKL (Bina Keluarga Lansia) yang ikut dalam kegiatan sosial itu.

Widya, salah satu koordinator MPP 36 kepada Mata Madura mengatakan, kegiatan penyuluhan dimulai pukul 09.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pengobatan gratis pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

“Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Puskesmas Dasuk dan BKKBN Sumenep,” terang Widya.

Menurut Widya, kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis sengaja fokus kepada para lansia karena di usia lansia rentan depresi dan terserang penyakit kronis tidak menular.

Widya berharap, kegiatan itu dapat meningkatkan pemahaman masyarakat untuk hidup sehat.

“Kami dari mahasiswa memberi pemahaman kepada masyarakat bagaimana pola hidup sehat, menjaga keseimbangan pola makan yang sehat dan menjaga kebersihan lingkungan,” tambah Widya.

Melalui kegiatan penyuluhan dan pengobatan, Widya berharap mampu mencegah adanya depresi dan mengurangi dampak penyakit kronis tersebut.

Sementara Kepala Puskesmas Dasuk Dr. Zulfa mengatakan, dirinya ikut terlibat kegiatan sosial itu sebagai tanggung jawab sosial dalam rangka mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang sehat.

Menurutnya, masyarakat merupakan prasyarat menuju kesejahteraan. Melalui sinergi dengan Mahasiswa kita dapat meningkatkan taraf kesehatan di Desa Dasuk berjalan lebih baik.

“Kita terbuka dengan siapa pun, agar tercipta kehidupan bermasyarakat kita yang sehat. Kalau tubuh kita sehat, kerja juga jadi semangat, rezeki jadi lancar,” begitulah Kata Dr. Zulfa

Dirinya juga berharap melalui penyuluhan dan pengobatan ini diharapkan, yang sehat selalu sehat dan yang sakit segera sehat.

“Kami sangat bangga melihat antusia masyatakat Dasuk. Terbukti terdapat beberapa lansia yang mengatakan menunda pekerjaan di Ladang hanha untuk menghdiri acara ini,” ungkap Dr. Zulfa

Zulfa menambahkan Dari hasil pemeriksaan, kebanyakan lansia mengalami keluhan linu, darah tinggi, dan diabetes.

Langkah yang diberikan Puskesmas untuk mengatasi hal tersebut yakni memberi obat pereda dan menyarankan makanan yang tepat.

Perlu diketahui acara kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Dasuk, Kapolsek Dasuk, Kepala Puskesmas Dasuk, serta Bidan dan perangkat Desa.

Ibad, Mata Madura

KPU Bangkalan