Gaya HidupViral

Menyiram Tanaman Ada Waktunya, Jangan Sampai Salah Ya

×

Menyiram Tanaman Ada Waktunya, Jangan Sampai Salah Ya

Sebarkan artikel ini
Menyiram Tanaman
Ilustrasi menyiram tanaman

matamaduranews.com – Tanaman dan air merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, sehingga menyiram tanaman menjadi aktivitas rutin bagi pehobi tumbuhan penghias setiap rumah itu.

Air menjadi faktor utama tanaman bisa bertahan hidup dan membantu tumbuh kembang tanaman. Kendati demikian, tidak berarti kita bisa sesuka hati menyiram tanaman. Air yang berlebihan atau tak sesuai kebutuhan malah bisa berakibat buruk.

Dilansir Mata Madura dari Channel YouTube My Simple Project, tidak semua tanaman suka terhadap air yang banyak. Seperti Kaktus, Stevia, Daun Mint, dan Rose Mery, yang masing-masing mempunyai karakter berbeda.

Rose Mery tidak terlalu suka dengan banyak air, sedangkan daun mint justru lebih senang jika terdapat kelembapan pada media tanahnya. Jadi, tanah yang kering tidak akan membuat daun mint tumbuh subur.

Tak cukup mengenali karakter tanaman terhadap kebutuhan air, mengenali waktu menyiram tanaman yang tepat juga penting. Hal ini berkaitan dengan proses penyerapan air oleh tanaman tersebut.

Ibarat manusia, tanaman juga punya jadwal kebutuhan terhadap air. Jika manusia makan di waktu tak tepat menyebabkan gangguan pencernaan, maka menyiram tanaman di waktu yang salah bisa berakibat buruk.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman?

Waktu yang disarankan untuk menyiram tanaman ialah pagi hari, sebelum matahari terik antara pukul 06.00-10.00 WIB. Hal tersebut dimaksudkan agar tanaman dapat menyerap air dengan maksimal.

Ketika menyiram tanaman pagi hari, air yang tersimpan akan terdistribusikan ke seluruh bagian tanaman dengan maksimal untuk kebutuhan fotosintesis. Di samping itu, air yang lebih akan menguap seiiring dengan peralihan waktu dari pagi hingga petang. Hal ini tentu berlaku pada tanaman di dalam pot.

Sementara menyiram tanaman pada malam hari kurang disarankan. Sebab, tanah yang terlalu lembab pada malam hari akan menjadi media terbaik bagi pertumbuhan berbagai jenis helmond patogen. Ketika tanah lembab, jamur-jamur tanaman itu akan berkembang biak dan dapat merugikan tanaman.

Begitu pula menyiram tanaman di siang hari tidak disarankan. Sebab, saat itu tanaman sedang berfotosintesis dan media tanah terkadang lebih panas. Dengan menyiram tanaman di siang hari akan mengakibatkan adanya perubahan suhu yang yang tiba-tiba, sehingga dikhawatirkan tanaman akan layu.

Pada siang hari terjadi penguapan air yang cukup cepat dibandingkan saat pagi atau malam hari. Proses penguapan ini menjadikan air yang kita siramkan pada tanaman di siang hari akan menguap begitu saja, sehingga menyebabkan tanaman itu layu.

Nah, itulah waktu yang tepat untuk menyiram tanaman kita. Jadi, perhatikan baik-baik waktu menyiram agar tanaman kesayangan kita sehat. Semoga bermanfaat. (Wf01)

KPU Bangkalan