MKNU-IKA PMII se Jatim; Meneguhkan Perjuangan Aswaja An-Nahdliyyah

×

MKNU-IKA PMII se Jatim; Meneguhkan Perjuangan Aswaja An-Nahdliyyah

Sebarkan artikel ini
MKNU-IKA PMII se Jatim; Meneguhkan Perjuangan Aswaja An-Nahdliyyah
Para peserta MKNU-IKA PMII Jatim saat dibaiat oleh Tim MKNU PBNU. (matasurabaya)

matamaduranews.comSIDOARJO-Sembilan puluh enam (96) peserta Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) angkatan ke-209 akhirnya tuntas digelar.

96 peserta itu merupakan pengurus Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) se-Jawa Timur.

Selama tiga hari (11-13 Januari 2020), para peserta MKNU aktif mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan yang dibimbing langsung dari Tim Ahli MKNU-PBNU.

Rabu pagi, tepat pukul 02.00 WIB merupakan puncak kegiatan. 96 peserta MKNU dibaiat oleh Tim MKNU-PBNU di Graha Pergerakan Jawa Timur, Jl Brigjen Katamso, Sidoarjo.

Utusan PBNU ini, menyatakan kegiatan MKNU khusus IKA PMIIJatim merupakan MKNU yang kedua di lingkungan IKA PMII se Indonesia.

MKNU pertama diselenggarakan oleh PB IKA PMII di Jakarta beberapa saat lalu.

Kegiatan MKNU IKA PMII Jatim diisi oleh H Sultanul Huda, KH Endin AJ Soefihara, KH Muhammad Mujib Qulyubi, H Robikin Emhas dan H Hakim Jayli.

MKNU-IKA PMII se Jatim; Meneguhkan Perjuangan Aswaja An-Nahdliyyah

Sejumlah ulama dan tokoh sepuh Jawa Timur ikut menjadi peserta aktif dalam kegiatan ini. Antara lain KH RPA Mujahid Anshori, KH Amin Said Husni, KH Irsyadul Ibad, KH Muhith Efendy, H Mahfud M Noer dan lain-lain.

Bendahara Umum PW IKA PMII Jatim Firman Syah Ali menyatakan, total jumlah peserta MKNU kali ini adalah 110 orang. Namun ada 14 orang perserta tidak lulus. Sehingga hanya tersisa 96 orang peserta yang dibaiat dan diberi sertifikat oleh PBNU.

“14 orang dengan tegas dinyatakan tidak lulus. Ini harus dilakukan demi kualitas MKNU. Kalau semua orang bisa lulus MKNU dengan mudah, maka kualitas MKNU perlu dipertanyakan. Kami ucapkan selamat dan sukses kepada 96 peserta yang lulusan MKNU angkatan ke-209. Semoga manfaat dan barokah. Kami meminta peserta yang tidak lulus untuk segera mengikuti MKNU gelombang berikutnya. Seluruh Pengurus IKA PMII kami tekankan untuk ikut MKNU,” ucap mantan Pengurus Besar (PB) PMII era Nusron Wahid ini.

Ketua Kelas MKNU Angkatan ke-209, H Mahfud M Noer berharap, para alumni MKNU semakin bertambah wawasan ke-NU-annya dan bertambah keteguhannya dalam memperjuangkan Aswaja An-Nahdliyyah.

MKNU-IKA PMII se Jatim; Meneguhkan Perjuangan Aswaja An-Nahdliyyah

“Para alumni MKNU ini akan menjadi kader-kader NU yang tangguh dalam menghadapi gempuran paham-paham radikal, baik radikal kanan maupun radikal kiri,” harap Ketua PKC PMII Jatim periode 1992-1994 ini.

“MKNU ini kalau dalam tatanan berbangsa dan bernegara ibarat LEMHANAS, maka sepatutnya para lulusan MKNU langsung mengaktualisasikan kepemimpinannya di lingkungan NU maupun lingkungan yang lebih luas yaitu NKRI” pungkas penasehat Ormas Pergerakan Penegak Khittah Nahdliyyah (PPKN) ini.

Hadi, Mata Surabaya

KPU Bangkalan