Panitia Pilkades Tidak Netral, Laporkan Supaya Dipecat

×

Panitia Pilkades Tidak Netral, Laporkan Supaya Dipecat

Sebarkan artikel ini
Panitia Pilkades Tidak Netral, Laporkan Supaya Dipecat
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh Ramli. (Foto/Yono Mata Madura)

matamaduranews.com-SUMENEP-Situasi politik jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak mulai mencekam dan menegangkan.

Sebab demikian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Moh Ramli menghimbau pihak terkait untuk bahu-membahu menjaga stabilitas dan keamanan desa. Utamanya desa yang bakal melaksanakan Pilkades pada bulan November 2019 mendatang.

“Termasuk netralitas Aparatur Sipil Negara, (ASN), Pejabat (Pj) Kepala Desa, dan beberapa pihak lain yang berkewajiban menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkades, serta panitia pelaksana,” tegas Moh Ramli.

Khusus panitia pelaksana, Ramli,panggilan akrab mantan Kepala Dinas Sosial itu, meminta agar bekerja secara profesional. Apabila ada panitia pelaksana yang ketahuan nyambi sebagai tim pemenangan salah satu calon Kades, apalagi ketahuan ikut rapat pemenangan atau gerakan lain yang mengarah pada sikap tidak netral, dengan tegas Ramli meminta supaya oknum itu dilaporkan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

“Laporkan saja kepada BPD, suruh pecat jika ada panitia yang tidak netral,” ucap Kadis Ramli, serius.

Ramli yang juga pernah mejabat Camat di Batang-Batang itu menegaskan kalau tidak siap menjadi panitia lebih nyaman menjadi tim pemenangan, maka dia menyarankan supaya mengundurkan diri saja dari kepanitiaan.

“Masih banyak orang yang mampu, bahkan kalau terpaksa di sebuah desa kekurangan personel yang siap jadi panitia. Boleh minta ke Tim kabupaten,” ujarnya.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan