Pemberdayaan Emak-Emak Ala Fattah Jasin

Tak Berkategori

matamaduranews.comSUMENEP-Sudah selayaknya pemberdayaan bagi kaum perempuan digalakkan. Meskipun statusnya bukan tulang punggung, tetapi tidak sedikit yang berjuang membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

Hal termudah yang bisa dilakukan kaum emak-emak itu untuk membantu mencukupi segala kebutuhan rumah tangga yakni dengan cara buka usaha. Baik dalam skala besar atau yang sifatnya home industri saja.

Kendati begitu, harus ada yang memikirkan usaha emak-emak tersebut, baik dari sisi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusianya ataupun permodalan.

Pasalnya, sebagaimana pernyataan Calon Bupati Sumenep, Fattah Jasin, tidak sedikit dari mereka berhenti buka usaha karena terkendala modal. Meskipun mereka hanya berjualan gorengan.

Ketika usaha emak-emak itu macet dan akhirnya nganggur, yang demikian akan berakibat buruk kepada ekonomi keluarga.

Maka sebagai ikhtiar dari Gus Acing apabila nanti ditakdirkan menjadi Bupati Sumenep, dia telah menyiapkan 9 Program Prioritas Sumenep Barokah. Yang di dalamnya ada program Sumenep Bangkit.

Dengan program ini, Gus Acing yang pernah mejabat Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur itu akan menyiapkan Program Social Security Number (Satu Kartu untuk Semua Layanan Sosial).

“Satu cakupannya yakni memberikan perlindungan dan pendampingan serta bantuan permodalan untuk industri rumah tangga dan usaha kecil menengah termasuk Kopwan (Koperasi Wanita, red),” papar Bacabup Sumenep yang pernah mejabat Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdaprov Jawa Timur pada tahun 2016 lalu.

Rusydiyono, Mata Madura

Komentar