Pengurus Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep Resmi Dilantik

×

Pengurus Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep Resmi Dilantik

Sebarkan artikel ini
Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep
Pengurus Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep resmi dilantik oleh Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah, Ahad (5/9/2021). (Foto Rusydiyono/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Pengurus Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep resmi dilantik oleh Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah, Ahad (5/9/2021) pagi.

Pelantikan pengurus Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep ini berlangsung di Rumah Dinas Wakil Bupati Sumenep, Jl. Dr. Cipto Kolor, Sumenep pukul 08.00 WIB.

Wabup Nyai Eva, mengapresiasi terbentuknya Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep sebagai wadah bagi pelaku UMK untuk mengembangkan usahanya.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sumenep menyampaikan terima kasih dan atensi yang setinggi-tingginya,” kara Wabup Nyai Eva, Ahad (5/9/2021).

Dia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Sumenep memang punya keinginan untuk mengekspor makanan dan minuman Sumenep pada tahun 2022.

Sehingga, terbentuknya Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep yang baru saja dilantik selaras dengan visi-misi Bupati Achmad Fauzi dan Wabup Nyai Eva.

“Target itu harus bisa diseriusi. Makanya, saya sangat mendukung pembentukan wadah agar makanan dan minuman cepat eksis dan selaras dengan visi-misi kami,” ungkapnya.

Wabup yang juga Ketua Muslimat NU Sumenep itu pun berjanji akan berusaha membuat produk-produk UKM Sumenep dari lokal bisa go nasional. Bahkan, dia berharap bisa benar-benar go internasional.

“Tentunya saja ini butuh kerja keras dan kekompakan bersama. Jadi, saya berharap nanti Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep  bisa bersinergi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Perdagangan dan asosiasi-asosiasi yang lain,” ujar Wabup.

Pihaknya juga berkomitmen untuk melakukan pembinaan terhadap Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep secara kontinu. Supaya masalah dan kendala bisa dibahas untuk dicari solusi terbaik, agar bisa maju.

“Harapan saya ke depan, mudah-mudahan Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep ini bisa bersinergi bukan hanya dengan OPD terkait, tetapi juga dengan asosiasi-asosiasi, sehingga menjadi wadah bagi UKM-UMKM yang memang membutuhkan pembinaan,” ucap Wabup Nyai Eva.

Dia juga berpesan kepada Ketua Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep yang sudah dilantik, agar rutin mengadakan rapat dan merapikan administrasi, serta menjaga kepercayaan seluruh anggotanya.

“Mudah-mudahan dengan acara pelantikan hari ini Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep akan bisa bekerja lebih baik. Segera lakukan koordinasi dengan berbagai pihak dan inventarisir semua anggota mulai dari nama, alamat, usaha, legalitas dan produknya,” harap Wabup Nyai Eva.

Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep

Sebagai penyemangat pengurus Koperasi Makanan dan Minunaman Sumenep, Wabup memberikan suntikan dana sebesar Rp 10 juta. Rp 5 juta berupa uang tunai, Rp 5 jutanya lagi berupa garam.

“Tapi bukan untuk dibagi-bagi, melainkan sebagai modal. Sehingga, nanti teman-teman UKM bisa membeli garam untuk bahan produknya di koperasi,” pungkasnya.

Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep (MMS) berdiri dengan badan hukum Nomor AHU-0011455.AH.26.Tahun 2021 dengan jumlah anggota sebanyak 108.

Ketua Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep, Lulu Airus Soffie mengatakan, koperasi yang kini resmi dipimpinnya terbentuk pada bulan Juli 2021 lalu.

“Terbentuknya Koperasi Makanan dan Minuman ini berawal saat teman-teman UKM kumpul di sini (Rumdis Wabup) setelah acara sosialisasi tentang permodalan dari BPRS,” ungkap Lulu Airus Soffie.

Usai acara waktu itu, Wabup Nyai Eva menyampaikan keinginan pada para pelaku UKM untuk membentuk wadah agar makanan dan minuman Sumenep cepat eksis.

Selain itu, dia ingin organisasi tersebut bisa nyambung dengan visi-misinya bersama Bupati Achmad Fauzi untuk mengekspor produk makanan dan minuman Sumenep pada tahun 2022 nanti.

“Jadi, terbentuknya Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep ini tak lepas dari peran dan keprihatinan Ibu Wabup melihat kondisi UKM akibat pandemi Covid-19,” tutur Lulu.

Dia berharap, terbentuknya Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep bisa jadi wadah untuk mengembangkan UKM di Sumenep dan ikut menyukseskan visi-misi Pemerintah Daerah dalam upaya mengekspor produk lokal.

“Mudah-mudahan kita bisa mengembangkan Koperasi Makanan dan Minuman Sumenep ini bersama-sama,” harap Lulu.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan