Menu

Plesetkan Lagu H Rhoma Irama ke Bahasa Madura, Begini Kata Penggemarnya

Plesetkan Lagu H Rhoma Irama ke Bahasa Madura, Begini Kata Penggemarnya
Klip Video Lagu Akhlak karya H Rhoma Irama yang diedit lirik lagunya ke bahasa Madura. (matamadura)
Link Banner

matamaduranews.comBANGKALAN-Bernyanyi terkadang membuat sebagian dari kita merasa nyaman. Juga bisa menjadi penghibur di tengah kepadatan aktivitas sehari-hari.

Namun, ketika lagu yang dinyanyikan merupakan plesetan dari lagu asli, bisa menyulut emosi bagi para penggemar.

Seperti yang baru-baru ini viral lirik lagu Raja Dangdut H Rhoma Irama yang diedit ke bahasa Madura.

Begini editing lagu akhlak karya Bang H Rhoma Irama ke dalam bahasa Madura:

Entar akonjengan detengngah olle berkat, entar ayesinan molenah nengteng berkat, deteng asrakalan molenah olle berkat, deteng dheri mantan molenah nengteng berkat, entar dhe kabinan molenah olle berkat, dheri pengajian molenah olle berkat

Artinya, jika menghadiri tahlilan, yasinan, sholawatan, manten, dan pengajian akan dapat berkat. Berkat itu semacam oleh-oleh seusai menghadiri acara.

Karuan saja, video lagu yang berjudul akhlak diedit ke lirik bahasa Madura, dinilai melukai para penggemar.

H Syaiful saat bersama sang idola Bang H Rhoma Irama.

H Syaiful Anam salah satu penggemar berat H Rhoma Irama mencurahkan kekecewaannya atas editing lirik lagu akhlak karya H Rhoma Irama.

“Kami kesal terhadap oknum yang tidak peduli menggunakan video clip orang lain, tanpa seizin pemilik lagu Rhoma Irama,” terang anggota Forsa Jatim ini.

Karena itu, Syaiful sedang melacak asal mula video itu. Sumber awal video itu diedarkan serta oknum yang membuat.

“Jika sudah ada bukti yang akurat, kami dari tim Forsa Jatim tidak segan-segan untuk melaporkan ke pihak kepolisian sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku,” ucap anggota DPRD Bangkalan ini kepada Mata Madura, Kamis (6/2/2020).

Politisi Gerindra Bangkalan ini, menghimbau kepada oknum yang mengubah lirik video lagu agar meminta maaf sebelum dilaporkan ke pihak berwajib.

“Saya sudah berkoordinasi dgn Ketua Umum Forsa dan juga atas direktur SRI (Soneta Rhoma Irama), bahwa hal ini melanggar 2 poin. Yaitu UU Hak Cipta yang mengedarkan lagu tanpa izin pencipta dan pencemaran nama baik Rhoma Irama,” sambung H Syaiful.

Sebagai fans berat dari Bang Haji Rhoma Irama, H Syaiful selalu berupaya menjaga hasil karya Bang Haji Rhoma. Termasuk mengabadikan lagu-lagunya sebagai bagian dari aset peradaban bangsa Indonesia.

Dalam pandangan H Syaiful, bait-bait lagu Bang H Rhoma dan Grup Soneta merupakan syiar amal ma’ruf nahi munkar yang perlu dilestarikan karena menyimpan pesan dakwah dalam setiap bait lagu.

“Bagi oknum yang memplesetkan, kami tegaskan jangan hanya ketenaran mendadak yang tujuannya hanya ingin viral. Meskipun tujuannya hanya untuk menghibur, tetapi kode etik hak cipta tetap diutamakan,” terangnya sambil menutup perbincangan dengan Mata Madura.

Syaiful, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Pilkada 2020

Inspirator

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Olahraga

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: