Prihatin Tumpukan Sampah, Aliansi Pemuda Kwanyar Bersih-bersih Pantai

×

Prihatin Tumpukan Sampah, Aliansi Pemuda Kwanyar Bersih-bersih Pantai

Sebarkan artikel ini
Prihatin Tumpukan Sampah, Aliansi Pemuda Kwanyar Bersih-bersih Pantai
Puluhan pemuda Kwanyar saat berada di antara tumpukan sampah yang sedang dibersihkan. (Foto Hasin/Mata Madura)

matamaduranews.comBANGKALAN– Semakin bertambahnya volume tumpukan sampah yang berada di sekitar pesisir pantai membuat gerah sebagian pemuda Kwanyar, Bangkalan. Sehingga, mereka menginisiasi gerakan bersih-bersih sampah di Dusun Bangungan, Desa Kwanyar Barat pada Sabtu (20/10/2018) pagi.

Gerakan bersih-bersih tersebut lantas mendapat respon positif dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan. DLH langsung menurunkan armada angkut yang dimiliki untuk mengangkut sampah hasil bersih-bersih ke tempat pembuangan akhir.

Menumpuknya sampah tersebut ditimbulkan oleh beberapa faktor. Selain kesadaran masyarakat masih rendah untuk membuang sampah pada tempatnya, tempat pembuangan sampah sementara juga masih sangat minim.

Tidak hanya DLH, Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) juga menyambut baik atas gerakan tersebut. Mereka mendukung melalui program pemilihan serta pengelolaan sampah serta penyediaan mesin pencacah sampah organik dan an-organik.

Program tersebut diharapkan dapat mengolah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis. Sehingga, bisa menjadi peluang bisnis baru bagi pemuda yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Dengan dukungan dari berbagai pihak itu, Syafii selaku Ketua Aliansi Pemuda Kwanyar optimis target 2020 Kwanyar bebas sampah akan terwujud.

“Ya, kami sangat optimis atas target 2020 Kwanyar bebas sampah akan terwujud,” ujar Syafii.

Selanjutnya, Syafii berharap pemerintah desa juga bisa memberikan dukungan melalui anggaran Dana Desa (DD) yang dimilikinya.

“Semoga gerakan ini di dukung oleh pemerintah desa se-Kecamatan Kwanyar,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, pihak BPWS, Camat, Kades, Tagana, BPBD, DLH, dan Siswa-siswi tingkat SMP-SMA se-Kecamatan Kwanyar. Termasuk warga desa setempat, K-Conk, GP ANSOR, dan penggerak atau panitia dari Aliansi Pemuda Kwanyar itu sendiri.

Hasin, Mata Bangkalan

KPU Bangkalan