Sabuwang Terpilih Jadi Kades Kertasada Berkat Hati Nurani Rakyat

Mata Madura - 27/11/2021
Sabuwang Terpilih Jadi Kades Kertasada Berkat Hati Nurani Rakyat
Sabuwang, Cakades terpilih Desa Kertasada pada Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Sumenep - (Istimewa/Mata Madura)
Penulis
|
Editor Rafiqi

matamaduranews.comSUMENEP-Siapa sangka, Sabuwang bakal terpilih menjadi Kepala Desa (Kades) Kertasada, Kecamatan Kalianget pada Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Sumenep, Kamis (25/11/2021).

Diikuti 4 Calon Kepala Desa (Cakades), Pilkades Kertasada termasuk kontestasi politik tingkat desa yang alot. Persaingan antara 4 Cakades cukup ketat.

Bagaimana tidak. Dari jumlah DPT 2.554 orang, dengan pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 1.918 dan suara sah 1.903, selisih perolehan suara di antara calon ke calon mentok di angka ratusan.

Mawardi, Cakades nomor urut 1 mendapatkan 417 suara. Joni Wahyudi, Cakades nomor urut 2 mendapatkan 514 suara. Amin Rahman, Cakades nomor urut 3 mendapatkan 203 suara. Dan Sabuwang, Cakades incumbent nomor urut 4 mendapatkan 769 suara.

Sisanya, sebanyak 15 surat suara tidak sah. Sedangkan 636 pemilih tidak hadir ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya di Pilkades Kertasada tahun 2021.

Libas Tiga Cakades Lain

Meski persaingan cukup ketat, namun Cakades nomor urut 4 Sabuwang berhasil melibas tiga lawan politiknya.

Sabuwang unggul 352 suara dari Mawardi, unggul 255 suara dari Joni Wahyudi, dan unggul 566 suara dari Amin Rahman.

Kemenangan terendah, yakni 255 suara dari Cakades nomor urut 2 memang kecil mengingat jumlah calon dan selisih perolehan suara di antara para calon.

Namun pada Pilkades tahun ini, masyarakat Kertasada benar-benar menyeleksi dengan hati-hati untuk memilih pemimpin desanya.

Hal ini karena mereka telah berkali-kali merasa tersakiti dengan sikap pemimpi terdahulu yang tersandung kasus hukum.

Bermodal Jujur dan Ikhlas

Boleh dibilang Sabuwang terpilih jadi Kades Kertasada berkat hati nurani rakyat. Pasalnya sebagai calon incumbent dia menjabat Kades hasil Pergantian Antar Waktu (PAW).

Sabuwang dilantik KH A Busyro Karim, Bupati Sumenep waktu itu, sebagai Kades Kertasada pada 29 Mei 2019 menggantikan posisi Kades sebelumnya yang telah diberhentikan karena tersandung kasus hukum.

Posisi Kades Kertasada yang menunggu resmi dilantik Bupati Achmad Fauzi hasil Pilkdes Serentak Sumenep tahun 2021 tentu berbeda dengan sebelumnya.

Perolehan suara Sabuwang saat ini adalah murni dari hati nurani rakyat tanpa adanya propaganda apapun, apalagi money politic. Sebab, Sabuwang berangkat dari keterbatasan mencalonkan diri sebagai Cakades Kertasada tahun 2021.

Modalnya hanya kejujuran dan keikhlasan hati selama menjabat Kades PAW itulah, yang berbuah dukungan mayoritas masyarakat.

“Saya hanya bermodal kejujuran hati menjalankan tugas dan kewajiban sebagai kepala desa (PAW, red) sebelumnya, menyampaikan amanah pemerintah kepada rakyat apa adanya,” kata Sabuwang, Kamis (25/11/2021) di rumahnya yang sederhana.

Amanah yang dimaksud Cakades terpilih lulusan STM itu salah satunya adalah bantuan. Seperti BLT DD, Bansos, termasuk bantuan RTLH kepada 60 penerima manfaat di tahun 2020 dan tahun 2021.

“Saya menyampaikan bantuan itu tanpa mengurangi sedikitpun hak rakyat,” imbuhnya.

Biaya Nyalon Dibantu Masyarakat

Selain jujur dan ikhlas serta menyampaikan amanah apa adanya, tentu saja Sabuwang tetap butuh biaya tak sedikit mengikuti Pilkades Kertasada tahun 2021.

Namun kondisi keterbatasan ekonomi membuat Sabuwang mengeluarkan dana seadaanya dalam menjalani tahapan demi tahapan Pilkades hingga hari pungutan dan penghitungan suara tiba.

Beruntung, rakyat berpihak padanya. Sabuwang mengakui kalau pencalonannya sebagai Cakades banyak dibantu masyarakat, yang kini berhasil mengantarkannya terpilih jadi Kades Kertasada.

“Segala biaya persiapan mencalonkan diri di Pilkades dari pribadi saya sangatlah minim, justru lebih banyak dibantu oleh masyarakat,” katanya dengan polos kepada Mata Madura.

Karena itu, Sabuwang tak tahu harus membalas dengan apa kepada rakyatnya. Kecuali berkomitmen menjadi pemimpin yang bisa membawa Desa Kertasada lebih baik.

“Alhamdulillah, saya terpilih berkat dukungan moral dan materi dari masyarakat. Saya sangat berterima kasih atas dukungannya selama ini,” pungkas Sabuwang. (*)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->