Menu

Satu-satunya di Madura, Sumenep Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2019

Satu-satunya di Madura, Sumenep Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2019
Kepala DLH Sumenep, Drs. H. Koesman Hadie, M.Si (tengah) foto bersama usai menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Gedung Manggal Wanabakti, Jakarta, Jumat (13/12/2019) malam. (Foto for Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur baru saja mendapatkan prestasi membanggakan berupa penghargaan Adiwiyata tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Prestasi ini sangat keren karena menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Koesman Hadie, Sumenep jadi satu-satunya di Madura yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri tahun ini.

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun ini,” kata Koesman Hadie, usai menerima penghargaan tersebut, Jumat (13/12/2019) malam.

Koesman menerima langsung penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Manggal Wanabakti, Jakarta.

“Terima kasih kepada dua sekolah peraih Adiwiyata, karena prestasinya telah membanggakan masyarakat Kabupaten Sumenep,” imbuhnya sumringah.

Dua sekolah yang mencatatkan prestasi tingkat Nasional itu, kata Koesman, adalah MA Al-Amien 1 Pragaan meraih Penghargaan Adiwiyata Nasional, sementara SMP Negeri 2 Saronggi mendapatkan penghargan Adiwiyata Mandiri.

“Di awal penilaian kita mengusulkan sebanyak 7 sekolah untuk mengikuti lomba adiwiyata ini, di antaranya sebanyak 3 sekolah di lomba Adiwiyata Nasional dan 4 sekolah menuju Adiwiyata Mandiri,” cerita Kepala DLH Sumenep itu.

Namun dalam proses penilaian, sekolah yang lolos penilaian dokumen atau administrasi Adiwiyata Nasional hanya 1, yakni MA Al-Amien 1 Pragaan. Sedangkan yang lolos Adiwiyata Mandiri ada 2 sekolah, yaitu SMPN 2 Saronggi dan SMPN 1 Gapura.

“Keberhasilan menorehkan prestasi Nasional 2 sekolah ini tak lepas dari kerja sama yang baik seluruh pihak, baik DLH, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, sekaligus warga sekolah seperti kepala sekolah, para guru dan siswa,” ungkap Koesman.

Berdasarkan catatan DLH, pada tahun 2017 Sumenep mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional sebanyak 3 sekolah, yakni SMPN 1 Gapura, SMPN 1 Dasuk dan SMPN 2 Saronggi.

Sedangkan untuk penghargaan Adiwiyata Mandiri, Sumenep meraih prestasi ini terakhir pada tahun 2014 atas nama SMPN 1 Sumenep.

Rafiqi, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

Lowongan
Lowongan
Lowongan
Lowongan

Ra Fuad Amin

Tasawuf

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: