Satu Warga Meninggal Akibat Banjir di Jember

Tak Berkategori

matamaduranews.comJEMBER– Ratusan rumah warga di Kabupaten Jember diterjang banjir Minggu sore (9/1/2022).

Dari video yang beredar di WhatsApp, tampak jalanan perumahan seperti sungai. Saking derasnya banjir, hingga mobil warga ikut hanyut terbawa arus.

“Waduh mobile sampai kinter ya Allah, astaghfirullah. Takut. Mobil siapa kiranya ya?,” sebut warga di video yang beredar di media sosial.

Informasi disebutkan kondisi banjir itu terjadi di RT 4 RW 13 Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates. Kondisinya cukup parah, air sudah di atas dada orang dewasa.

“Mohon dihubungi Basarnas terimakasih,” ucap seorang warga dalam video itu.

Kantor berita ANTARA melaporkan, ketinggian banjir itu mencapai dua meter dan dilaporkan telah menelan satu korban jiwa.

Wilayah terparah berada di perumahan Bumi Mangli Permai (BMP), Kecamatan Kaliwates, yang menyebabkan dua mobil warga terseret derasnya arus akibat luapan Sungai Semangir yang ada di dekat perumahan.

Selain satu warga meninggal dunia. Satu orang lainnya hilang akibat banjir yang merendam 150 rumah.

“Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, mengakibatkan satu orang meninggal dunia,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam pernyataan resminya.

Abdul mengatakan bahwa banjir ini terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah banjir surut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember bersama TNI dan Polri langsung membantu warga berbenah.

Dalam pernyataan itu, Abdul mulai surut, tapi cuaca masih mendung. Namun, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat tetap waspada. (*)

Komentar