SIMPONI, Inovasi Layanan Disdukcapil Sumenep Dinobatkan Juara I Anugerah Inovasi Daerah

Mata Madura - 11/11/2021
SIMPONI, Inovasi Layanan Disdukcapil Sumenep Dinobatkan Juara I Anugerah Inovasi Daerah
SUMRINGAH: Kepala Disdukcapil Sumenep, R. Achmad Syahwan Effendi ketika menerima Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Sumenep Tahun 2021 dari Wabup Nyai Hj. Dewi Khalifah di TMP Jokotole, Rabu (10/11/2021) - (Rusydiyono/Mata Madura)
Penulis
|
Editor Rafiqi
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep hadirkan inovasi layanan yang dinamakan SIMPONI (Sistem Pendaftaran Online).

Menurut Kepala Disdukcapil Sumenep, R. Achmad Syahwan Effendi, SIMPONI merupakan program inovasi untuk mempermudah layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Syahwan, panggilan akrab Kepala Disdukcapil Sumenep itu mengungkapkan, SIMPONI diilhami banyak faktor. Salah satunya karena secara geografis wilayah Kabupaten Sumenep terdiri dari banyak kepulauan.

Sehingga, apabila masyarakat kepulauan hendak mengurus atau menyelesaikan administrasi kependudukan memakan waktu lama dan operasional yang tidak sedikit.

“”Untuk menghindari tatap muka yang dimungkinkan dapat menimbulkan adanya tambahan biaya operasional karena harus bolak-balik dalam mengurus,” terang mantan Kabag Organisasi Setdakab Sumenep tersebut, Kamis (11/11/2021).

Selain itu, lanjut Syahwan, motivasi lahirnya inovasi layanan SIMPONI oleh Disdukcapil Sumenep juga karena ada perintah institusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan sebagaimana Permendagri No 19 Tahun 2018.

“Kondisi ini didukung oleh tanda tangan elektronik dan penggunaan kertas HVS 80, sehingga bisa dicetak sendiri dengan mengirimkan email ke DisdukcapilĀ  untuk dikirim kembali dalam PDF,” papar pria yang pernah menjabat Camat Batang-Batang itu.

Berkat inovasi layanan dengan SIMPONI-nya, Disdukcapil Sumenep dinobatkan sebagai Juara I pada ajang Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Sumenep Tahun 2021 yang diadakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep.

Anugerah tersebut diterima langsung oleh Kepala Disdukcapil Achmad Syahwan Effendi yang diserahkan oleh Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah usai upacara Hari Pahlawan Nasional, Rabu (10/11/2021) kemarin, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jokotole Kecamatan Kota Sumenep.

“Alhamdulillah, semoga anugerah tersebut menjadi motivasi bagi kami untuk terus melayani masyarakat dengan segala kemudahan,” tandas Syahwan. (*)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->