Menu

Syaifuddin Asmoro Janji Perjuangkan Penyelesaian Teluk Lamong di Komisi V DPR RI

Syaifuddin Asmoro Janji Perjuangkan Penyelesaian Teluk Lamong di Komisi V DPR RI
Syaifuddin Asmoro, Anggota Komisi V DPR RI dari FPKB DPR RI asal Madura saat menjadi Narasumber Dialog Publik dengan tema "Tuntaskan Kali Lamong dan Normalisasi Total" yang diselenggarakan DPRD Gresik, Kamis (5/12/2019). (matasurabaya)
Link Banner

matamaduranews.comGRESIK-Anggota Komisi V DPR RI Syaifuddin Asmoro berjanji berjuang sekuat tenaga di Komisi V untuk menggelontorkan dana trilunan dalam pembangunan Teluk Lamong jika memang menjadi solusi penyelesaian.

“Kita di komisi lima punya hak budgeting. Jika memang diperlukan untuk pembangunan Teluk Lamong, kita siap menurunkan berapa triliun yang dibutuhkan,” ucap anggota FPKB DPR RI asal Madura ini saat menjadi Nara Sumber Dialog Publik dengan tema “Tuntaskan Kali Lamong dan Normalisasi Total” yang diselenggarakan DPRD Gresik, Kamis (5/12/2019).

Dialog itu menghadirkan narasumber terkait penyelesaian Kali Lamong. Seperti, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS), Perwakilan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Kepala ATR/BPN Gresik Asep Heri, Anggota Komisi V DPR RI Syaifuddin.

Selain narasumber berkompeten dari pemerintah daerah maupun pusat, dialog tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak sebagai Keynote Speaker.

Selain dihadiri para pejabat dari pemerintah pusat maupun daerah, dialog gayeng tersebut dihadiri kepala desa yang terdampak banjir Kali Lamong, tokoh masyarakat, Kepala OPD serta seluruh anggota DPRD.

Syaifuddin bercerita, sebelum berangkat dari Jakarta untuk mengisi dialog publik di Gresik, dirinya pamit ke Jazilul Fawaid sebagai anggota DPR RI asal Gresik dan juga Wakil Ketua DPP PKB

“Pak Jazilul memerintahkan ke saya. Apa pun hasil dialog tentang penyelesaian Teluk Lamong harus diperjuangkan oleh enam anggota PKB di komisi 5. Masyarakat Gresik jangan berkecil hati. Kami bersama Pak Jazilul Faid dan teman-teman di komisi 5 siap memperjuangkan penyelesaian banjir Teluk Lamong,” tutur Syaifuddin yang disambut aplaus undangan.

Syaifuddin juga berserita, sejak dirinya menjabat anggota DPRD Jatim persoalan banjir akibat luapan Teluk Lamong selalu menjadi bahasan. Hanya saja, katanya, solusi yang selalu menjadi hambatan berupa pembebasan lahan dari luas area yang dibutuhkan.

Karena itu, Syaifuddin berharap setelah acara ini digelar ada aksi konkret penanganan banjir di Kali Lamong. Dirinya siap memperjuangkan anggaran sekian triliun untuk penyelesaian yang membelit Teluk Lamong.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak saat menjadi keynote speaker mengatakan, pemerintah provinsi siap menjembatani serta berkontribusi dalam penanganan Kali Lamong yang melintasi 5 kecamatan di Kabupaten Gresik.

Banjir tahunan Kali Lamong sendiri, ungkap Emil sudah menjadi perhatiannya sejak mendampingi Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Sebab, banjir tersebut sangat merugikan baik ekonomi masyarakat maupun infrastruktur.

“Jadi kami siap membantu suksesnya pelaksanaan penuntasan problem Kali Lamong, sebab hal itu sangat merugikan masyarakat yang terdampak,” tambahnya.

Senada dengan Emil, Perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Dwi Agus Kuncoro menyatakan pihaknya sudah siap soal anggaran penuntasan Kali Lamong.

Dwi yang juga menjabat Kabid Perencanaan dan Program BBWS menambahkan, sebenarnya anggaran sudah tersedia untuk normalisasi dan pembuatan tanggul.

“Intinya, kami ingin tanahnya untuk pembangunan tanggul itu klir dulu, baru bisa kita mulai pengerjaan, intinya anggaran sudah ada,” tambahnya.

Hadi, Mata Surabaya

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Iklan
Lowongan

Ra Fuad Amin

Tasawuf

Inspirator

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: