InternasionalPariwisata

Tidak Hanya Cappadocia, Inilah Deretan Tempat Wisata Menarik di Turki

×

Tidak Hanya Cappadocia, Inilah Deretan Tempat Wisata Menarik di Turki

Sebarkan artikel ini
Tidak Hanya Cappadocia, Inilah Deretan Tempat Wisata Menarik di Turki
Sultan Cave Suites in Cappadocia

matamaduranews.com – Turki sekarang menjadi salah satu destinasi wisata luar negeri yang banyak diincar masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak sekali publik figur yang melakukan perjalanan ke Turki, baik itu untuk jalan-jalan atau melakukan transplantasi rambut.

Selain itu, banyak juga pilihan maskapai yang memiliki rute Indonesia-Turki atau sebaliknya, salah satunya adalah Turkish Airlines.

Dalam hal wisata, salah satu yang sekarang banyak diminati adalah Cappadocia. Ini merupakan destinasi wisata dengan segudang daya tarik. Mulai dari naik balon udara, menunggangi kuda, menginap di hotel dalam gua, dan lain sebagainya.

Selain Cappadocia, ada banyak juga destinasi wisata lainnya di Turki yang tidak kalah menarik. Yuk cek berikut ini deretan rekomendasinya.

1. Hagia Sophia

Sebelum Cappadocia jadi favorit, Hagia Sophia di Istanbul menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dunia jika traveling ke Turki. Bangunan bersejarah satu ini sudah dibangun sejak tahun 527.

Ini merupakan sebuah bangunan yang pernah jadi gereja, museum, dan juga masjid. Dan pada tahun 2020 lalu, tempat ini kembali menjadi masjid. Meski sudah menjadi masjid, namun berbagai simbol Kristen tetap dirawat dengan baik.

Tidak hanya sejarahnya yang panjang, namun Hagia Sophia ini juga memiliki banyak nama. Contohnya saja Gereja Hagia Sophie, Sancta Sapientia, Masjid Agung Ayasofya, dan lain sebagainya.

Meski sekarang sudah beralih fungsi menjadi masjid, Hagia Sophia masih bisa dikunjungi oleh wisatawan, baik itu muslim atau non-muslim. Waktu yang ditetapkan untuk berkunjung adalah di luar jam-jam shalat.

2. Masjid Biru

Tidak jauh dari Hagia Sophia, Anda bisa berkunjung juga ke Masjid Biru atau yang lebih populer disebut dengan Blue Mosque.

Bagi Anda yang baru pertama kali melihatnya, mungkin akan sedikit kesusahan membedakannya dengan Hagia Sophia. Karena bentuknya memang sekilas serupa. Namun Blue Mosque memiliki lebih banyak kubah dengan enam menara, terlihat lebih megah dari luar.

Selain itu, penamaan Masjid Biru sendiri lantaran mayoritas interiornya memiliki warna biru. Nama resmi dari tempat ini adalah Sultan Ahmed Mosque karena memang dibangun karena instruksi dari Sultan Ahmed 1. Tempat ini sangat populer, jadi rekomendasi jika sedang jalan-jalan ke Turki.

3. Pamukkale

Tempat dengan pemandangan menakjubkan lain di Turki adalah Pamukkale. Dalam bahasa Turki, Pamukkale merupakan istana kapas. Dan sesuai dengan namanya, di sana, Anda akan melihat panorama daratan berwarna putih dengan kolam air berwarna kebiruan.

Kombinasi warna putih dan biru toska sangat memanjakan mata yang melihatnya. Dibidik kamera pun hasilnya juga luar biasa. Pamukkale ini berada di Provinsi Denizli dan sudah sejak lama masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Di tempat ini Anda juga bisa melihat banyak balon udara yang membuat pemandangan makin eksotis. Di sini ada juga kolam renang Ratu Cleopatra yang digadang-gadang airnya bisa membuat awet muda.

4. Ephesus

Ephesus merupakan sebuah kota kuno di Turki yang menjadi salah satu bukti peninggalan kerajaan Yunani. Jadi, akan banyak reruntuhan yang ditemukan sejauh mata memandang.

Ternyata, awalnya Ephesus ini dibangun sekitar abad ke 10 dan menjadi sebuah kota Yunani Kuno namun berhasil direbut dan menjadi kota Romawi. Banyak sekali peninggalan di tempat ini, mulai dari perpustakaan, kuil, sampai dengan tempat teater.

Bagi Anda yang senang mempelajari berbagai sejarah kehidupan masa lampau, khususnya yang berkaitan dengan Yunani atau Romawi, Ephesus bisa jadi tempat yang tepat. Lokasinya berada di Selcuk, Provinsi Izmir, Turki.

5. Silk Market

Bagi Anda yang lebih tertarik dengan wisata belanja, Silk Market atau Koza Han bisa dikunjungi. Sudah sejak dahulu, Turki terkenal menjadi salah satu sentra sutra di dunia.

Di tempat ini tidak hanya kain dan berbagai hasilnya, banyak sekali barang lainnya yang bisa dibawa. Contohnya saja perak, cinderamata, barang antik, dan lainnya.

Tempat ini juga kerap jadi lokasi mereka yang berburu foto-foto cantik. Pasalnya, barang-barang di Silk Market memang cocok sekali jadi background foto.

Bagi yang ingin wisata kuliner, di sekitar Silk Market juga banyak kafe, restoran, sampai dengan bar. Jangan lewatkan mencicipi berbagai kuliner khas Turki saat berkunjung.

6. Pantai Oludeniz

Turki juga menawarkan banyak pantai cantik dengan panorama yang magis, salah satunya adalah Pantai Oludeniz. Di sini Anda akan melihat air laut biru jernih yang dipadu keindahan pasir berwarna putih.

Selain menikmati keindahan pantai, laut, ombak, dan lainnya, Anda bisa santai mencicipi kuliner di sekitaran pantai. Pilihan kulinernya sangat beragam, mulai dari berbagai makanan asli Turki sampai luar negeri.

Sementara bagi Anda yang ingin melakukan olahraga ekstrem, bisa coba paralayang. Bisa terbang dari ketinggian sampai ribuan meter. Anda akan terbang mulai dari Gunung Babadag dan menikmati Oludeniz dari ketinggian. Mendebarkan, namun patut dicoba bagi Anda pecinta tantangan.

Banyak sekali pilihan wisata yang menarik di Turki selain Cappadocia. Ada masjid bangunan yang sarat akan sejarah, pusat kain sutra, sampai dengan pantai yang cantik jelita.

Tidak salah semakin banyak masyarakat di Indonesia yang berencana untuk jalan-jalan ke sana. Yuk segera agendakan liburan ke Turki, tiketnya bisa pesan di Traveloka. Bisa bayar langsung atau dengan PayLater. (*)

KPU Bangkalan