NasionalTekno

XL Axiata Terus Perkuat Layanan di Kawasan Industri Jawa Barat

×

XL Axiata Terus Perkuat Layanan di Kawasan Industri Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
XL Axiata
Seorang teknisi sedang melakukan pemeliharaan di salah satu perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata yang berlokasi di Bongas Kulon, KM 175 Ruas Tol Sumberjaya, Majalengka, Jawa Barat. (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comBANDUNG-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen untuk terus menjaga kualitas layanan di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Salah satu yang turut menjadi fokus penguatan jaringan XL tersebut adalah kawasan industri baru yang berlokasi di segitiga emas Majalengka, Cirebon, dan Subang.

Kawasan ini merupakan simpul dari tiga lokasi strategis dalam pengembangan ekonomi yang telah didukung beragam infrastruktur, seperti Pelabuhan Cirebon, Pelabuhan Patimban, hingga Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), yang terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, XL Axiata melihat peran penting dari Jawa Barat dalam kemajuan perusahaan hingga saat ini. Posisi geografis Jabar yang berbatasan langsung sekaligus menyangga Ibu Kota menjadikan karakteristik kebutuhan dan pola konsumsi internet masyarakatnya mirip dengan masyarakat yang bermukim di DKI Jakarta.

“Semakin banyaknya kawasan industri yang berdiri di Jabar menjadi perhatian khusus bagi kami untuk turut memberikan layanan dari segmen korporat,” ujar Rd. Sofia Purbayanti, Kamis (9/07/2020).

Penguatan jaringan, kata Sofia, masih akan terus digencarkan di sepanjang kawasan tersebut guna mendukung kebutuhan seluruh lapisan masyarakat dalam hal akses telekomunikasi berkualitas. Segmentasi pasar, analisis kebutuhan pelanggan hingga adaptasi produk secara cepat dan tepat merupakan beberapa strategi yang kami terapkan dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan di Jabar.

Dalam memperkuat ekosistem dan memanfaatkan perkembangan potensi bisnis solusi Internet of Things (IoT), pada akhir 2019 yang lalu XL Axiata telah meluncurkan secara komersial jaringan yang dilengkapi dengan penyediaan kartu khusus Narrowband IoT (NB-IoT) di 31 kota/kabupaten di Indonesia, termasuk Majalengka dan Cirebon yang merupakan bagian dari kawasan industri baru di Jabar.

“Dalam pengembangannya, XL Axiata menjalin kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Perindustrian,” tutur Sofia.

Hingga saat ini, layanan XL Axiata di Jawa Barat telah didukung lebih dari 25 ribu BTS (2G/3G/4G). Khusus untuk kawasan industri baru di Jabar yang terdiri dari Subang-Majalengka-Cirebon, layanan XL Axiata didukung lebih dari 1.900 BTS (2G/3G/4G). Dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, penambahan BTS di Jawa Barat naik lebih dari 25%.

“Melihat kebutuhan akan jaringan berkualitas yang terus meningkat di kawasan ini, perseroan melakukan beberapa inisiatif antara lain tetap melanjutkan pembangunan fiberisasi di masa ini,” imbuh Sofia.

Selain di Subang, Majalengka, dan Cirebon, fiberisasi terus berlanjut di sejumlah kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat, antara lain Bandung, Bandung Barat, Banjar, Ciamis, Cianjur, Garut, Indramayu, Cimahi, Tasikmalaya, Kuningan hingga Purwakarta. Investasi terkait fiberisasi jaringan terus dilaksanakan guna melayani trafik data yang terus meningkat dengan pesat khususnya di masa new normal ini.

Selain itu, investasi pada transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan peningkatan jaringan lainnya terus digelontorkan untuk melayani pertumbuhan trafik data, sehingga dapat memberikan stabilitas pada koneksi, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan secara umum.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan