Menu

Bupati Busyro Minta Guru Maksimal Mendidik

  Dibaca : 159 kali
Bupati Busyro Minta Guru Maksimal Mendidik
IMBAU: Bupati Sumenep KH A. Busyro hadir di tengah-tengah guru pada peringatan HGN dan HUT PGRI di Sumenep. (Foto Rusydiyono Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP–Semua guru harus maksimal dan mampu membimbing peserta didik dengan berbagai aspek ilmu. Sebab, kemajuan suatu bangsa tergantung pada kualitas generasi muda, sedangkan guru termasuk salah satu yang bertanggung jawab membentuk kualitasnya.

Imbauan tersebut disampaikan Bupati Sumenep KH A. Busyro pada momentum Peringatan Hari Guru Nasional. Bahwasanya seorang guru tidak hanya bertugas mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu membentuk kepribadian dan perilaku para anak didik.

Karena pada hakikatnya, seorang guru tidak hanya dituntut mengajar ilmu pengetahuan. Lebih dari itu, guru bertanggung jawab mendidik supaya generasi muda memiliki akhlak.

”Tentu guru bukan hanya mengedepankan pengetahuan rasional saja, namun juga pendidikan yang berbasis pada hati nurani. Oleh karena itu, jadilah pendidik yang punya hati nurani, dan menjadi teladan bagi anak didiknya,” kata Bupati Busyro di depan ribuan guru yang menghadiri HGN dan peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Sumenep, Senin (29/01/2018).

Suami Nurfitriana itu, membeber prestasi Kabupaten Sumenep dalam bidang pendidikan. Menurutnya, beberapa tahun terakhir ada banyak prestasi yang patut dicungi jempol. Seperti pada tahun 2011, indeks pendidikan hanya 0,46 poin, dan tahun 2016 meningkat menjadi 0,52 poin. Bahkan, untuk rata-rata lama sekolah meningkat dari 4,21 poin tahun 2011, menjadi 5,08 poin di tahun 2016.

”Sedangkan harapan lama sekolah juga meningkat dari 11,59 poin tahun 2011, menjadi 12,73 poin di tahun 2016,” ucap Bupati dua periode tersebut.

Lain lagi dalam upaya pengentasan buta aksara. Pemkab telah berhasil mengentaskan 60 persen buta aksara yang ada di daerah Kabupaten Sumenep, dengan rincian 134.540 orang buta aksara menjadi 57.925 orang.

Karena itu, Bupati Busyro mengajak semua guru agar terus berpacu dan tiada henti membakar semangat para pelajar. Sehingga, masa depan Sumenep yang ada pada pundak generari mudah menjadi cemerlang.

”Guru harus menjadi teladan yang baik, karena kunci sukses mendidik adalah dengan memberi contoh yang baik,” pesan Bupati Busyro.

Rusydiyono, Mata Madura

KOMENTAR

1 Komentar

Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional