Menu

Masuk Angin? Solusi Kumis Kucing Menjawab

  Dibaca : 40 kali
Masuk Angin? Solusi Kumis Kucing Menjawab
Kumis Kucing atau Orthosiphon Stamineus B. (Foto/Istimewa)
Link Banner

MataMaduraNews.com-Istilah masuk angin sebenarnya tidak ada dalam kamus kedokteran. Kondisi ini disebut bilamana si penderita mengalami pegal-pegal, perut kembung, sering buang gas, mual, demam ringan disertai pilek dan badan terasa kedinginan.

Link Banner

Menurut dr. Mulia sebagaimana disebutkan dalam hellosehat.com, istilah masuk angin hanya sebutan orang Indonesia terhadap gejala yang disebut di atas dan tidak tercantum dalam literatur kedokteran. Tetapi, bisa saja gejala-gejala tersebut terjadi dikarenakan akan timbulnya gejala penyakit lain.

Orang-orang Indonesia khususnya akan lebih sering mengalami masuk angin saat musim penghujan. Namun Anda jangan khawatir, masuk angin dapat diatasi dengan tanaman herbal yang dapat ditemui di sekitar pekarangan rumah, pinggiran sungai, dan tempat lembab lainnya.

Tanaman ini disebut Kumis Kucing (Orthosiphon Stamineus B). Tumbuh dengan tinggi kurang lebih 25-200 cm, berbentuk semak, batangnya basah, daun bergerigi kasar, dan bunganya berupa benang sari dengan putik berwarna putih.

Link Banner

BACA JUGA: Yuk Kenali Ciplukan! Tanaman Cespleng Berkhasiat

Kabartani.com menyebut tanaman Kumis Kucing mengandung beberapa senyawa kimia. Seperti senyawa turunan terpen, turunan fenolad, garam kalium, minyak atsiri, dan Orthosiponin Glycosides.

Mengatasi Masuk Angin
Untuk menyembuhkan masuk angin, cukup siapkan daun kumis kucing dan segelas air secukupnya. Cuci bersih, lalu rebus, dan biarkan rebusannya hingga tersisa 1/2 gelas, biarkan dingin dan minumlah.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga berkhasiat melarutkan asam urat, peluruh air seni dan berfungsi sebagai antioksidan.

Hebatnya, Anda dapat juga membuat minuman seperti teh dengan tanaman ini, yang tentunya dengan proses pengeringan terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Link Banner

Rez, Mata Madura

Link Banner
KOMENTAR

1 Komentar

Jejak Ulama

Tasawuf

Kategori Pilihan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional