Menu

Yuk Kenali Ciplukan! Tanaman Cespleng Berkhasiat

  Dibaca : 528 kali
Yuk Kenali Ciplukan! Tanaman Cespleng Berkhasiat
Ciplukan/Physalis Angulata L. (Foto/Istimewa)
Link Banner

MataMaduraNews.com-Perkembangan teknologi modern memicu semakin pesatnya kemajuan dalam segala lini, khususnya di bidang kesehatan. Sehingga, menjamurnya segala jenis macam obat-obatan yang diproduksi secara modern dan instan terkadang menjadi pilihan alternatif banyak orang untuk dikonsumsi.

Namun, tahukah Anda bahwa di sekitar kita banyak tanaman berkhasiat yang tumbuh dan dibesarkan alam malah mempunyai sejuta khasiat?

Adalah Ciplukan, yang banyak ditemui di areal perkebunan atau persawahan ini, ternyata memiliki banyak khasiat. Tanaman dengan nama latin PhysalisAngulata L ini bentuknya berupa semak atau perdu yang posisisnya lebih rendah. Tingginya, biasanya hanya mencapai 1 meter dan berumur kurang lebih 1 tahun.

Buah ini memiliki rasa kecut-manis, berwarna hijau-kuning, dan dibungkus kulit tipis. Di Madura wilayah timur, tanaman ini dikenal dengan nama Nyor-nyeoran.

 Dilansir dari IDN Times, berikut manfaat dari tanaman Ciplukan:

Ekstrak ciplukan menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara

Di Indonesia ada sebuah penelitian yang dilakukan terkait khasiat buah ini. Salah satu penelitiannya datang dari Cancer Chemoprevention Research Center Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengenai khasiatnya terhadap kanker payudara.

Hasilnya, ekstrak Ciplukan mampu menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara. Tentunya temuan ini berupa kabar baik. Semoga saja ada keberlanjutan penelitiannya.

Dari akar, daun hingga buahnya punya beragam khasiat untuk kesehatan

Dihimpun dari Cancer Chemoprevention Research Center Farmasi UGM, berikut ini khasiat dari bagian masing-masing Ciplukan.

  • Akar: berkhasiat sebagai obat cacing dan penurun demam.
  • Daun: patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah.
  • Buah: obat epilepsi, susah kencing, dan jantung.

Itulah khasiat tanaman Ciplukan. Jika sudah diketahui jenis dan manfaatnya, mari kita pelihara dengan baik tanaman herbal yang tumbuh di sekitar kita ini.

Rez, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

1 Komentar

Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional