Nasional

Aktivitas Selain Dosen, Nurul Ghufron Capim KPK; Jabat Ketua Thariqah Jember

×

Aktivitas Selain Dosen, Nurul Ghufron Capim KPK; Jabat Ketua Thariqah Jember

Sebarkan artikel ini
Aktivitas Selain Dosen, Nurul Ghufron Capim KPK; Jabat Ketua Thariqah Jember
Ucapan Selamat dan Doa juga datang dari Pengurus Pusat MATAN (foto untuk matamadura)

matamaduranews.com-Kabar terpilih sebagai salah satu Capim KPK, ucapan mengalir ke Nurul Ghufron. Di grup wa IKA PMII Jatim yang juga Ghufron sebagai anggota, ucapan selamat mengalir sejak Jumat dini hari.

Begitu pun di grup wa dan facebook di Sumenep. Daerah asal Ghufron lahir dan besar sebelum menetap di Jember. Para netizen bersahutan memberi testimoni dan aspirasi serta doa untuk Ghufron. Agar diberi kekuatan dalam menjalankan tugas di KPK.

Dikutif dari nur.or.id, Ghufron menyatakan bersyukur kepada Allah atas keterpilihan dirinya sebagai salah seorang pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK periode 2019-2023.

Baginya, jabatan yang baru digenggamnya adalah merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin.  Karena itu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember, Jawa Timur ini berharap  dukungan semua pihak dalam memberantas korupsi.

“Sekuat apapun, KPK tak mungkin berhasil tanpa bantuan dan dukungan masyarakat,” harapnya.

“Terima kasih kepada sahabat semuanya serta semua pihak, mohon doa dan dukungannya  semoga amanah dalam mencegah dan memberantas korupsi,” kata Ghufron di grup WhatsApp Pengurus Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jember, Jumat (13/9) dini hari.

Pria kelahiran Desa Pabian, Sumenep, 22 September 1974 ini,  juga tidak lupa mohon ridla kepada segenap masyayikh, kiai, gus, para ustadz dan segenap jamaah NU agar dirinya diberi kekuatan untuk menjalankan tugas yang sangat berat itu.

Ketua Thariqah Cabang Jember

Selain sebagai dosen, Ghufron juga dikenal sebagai aktifis NU non strukutral. Ghufron juga masuk di Dewan Ahli  Pengurus Cabang (PC) ISNU Kabupaten Jember.

Selain itu, Ghufron juga menjadi Ketua MATAN (Mahasiswa Ahli Thariqah Annahdliyah) Cabang Jember. Tak jarang, Ghufron memfasilitasi kegiatan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan sebagainya.

“Pak Ghufron memang sangat peduli dengan  kegiatan-kegiatan mahasiswa (NU),” jelas Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Jember, Ardi Wiranata kepada NU Online mengomentari sosok Ghufron.

Ghufron menyelesaikan pendidikan SD hingga SMA di Sumenep. Lalu melanjutkan S1 di Fakultas Hukum Universitas Jember (1997). Kemudian melanjutkan ke Universitas Airlangga, Surabaya untuk S2  (2004). Sedangkan pendidikan S3 ditempuh di Universitas Padjadjaran, Bandung, selesai tahun 2012.

Sebelum menjadi dosen PNS di Unej, Ghufron pernah menjadi pengacara. Sejak 2003 diangkat sebagai dosen tetap Unej. Dan sejak 2006, Ghufron menjabat Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej).

Hambali Rasidi

KPU Bangkalan