Peristiwa

Angin Puting Beliung Terjang Rumah Warga Karanganyar

×

Angin Puting Beliung Terjang Rumah Warga Karanganyar

Sebarkan artikel ini
Angin Puting Beliung
Kondisi salah satu rumah warga Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Sumenep yang terdampak angin puting beliung, Senin (11/01/2021) siang. (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Bencana alam angin puting beliung menerjang rumah warga Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Senin (11/01/2021).

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S menyampaikan, bencana alam tersebut berawal dari angin kencang menyelimuti wilayah Desa Karanganyar.

Tak lama kemudian muncullah pusaran angin puting beliung tepat di lahan tambak garam yang mengarah pada pemukiman penduduk.

“Setelah itu hujan lebat,” kata AKP Widiarti, Senin (11/01/2021) siang.

Akibat terjangan puting beliung tersebut, rumah milik Su’i, Sudarmo dan Awik yang ada Dusun Dung Mondung mengalami kerusakan pada bagian genteng dan atap.

Selain ketiga rumah itu, gudang penyimpanan garam milik Massari di Dusun Gedung, dan dapur milik Masbiya di Dusun Dung Mondung juga menjadi sasaran angin puting beliung.

“Taksiran kerugian material kurang lebih Rp 5.500.000,” jelas AKP Widiarti.

Rinciannya, kerugian pada gudang penyimpanan garam milik Massari ditaksir Rp 3 juta. Sedangkan kerugian rumah milik Su’i, Sudarmo dan Awik, masing-masing ditaksir sekitar Rp 500 ribuan.

Terakhir, dapur milik Masbiya warga Dusun Dung Mondung ditaksir mengalami kerugian material sekitar Rp 1 juta.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut, hanya kerusakan material saja,” pungkas AKP Widi.

Rafiqi, Mata Madura

KPU Bangkalan