KesehatanNasional

Antisipasi Virus Corona, XL Axiata Terapkan Sejumlah SOP Baru

×

Antisipasi Virus Corona, XL Axiata Terapkan Sejumlah SOP Baru

Sebarkan artikel ini
XL Axiata
Sejumlah karyawan dan tamu diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk kantor PT. XL Axiata Tbk. di Jakarta. (Foto XL Axiata For Mata Madura)

matamaduranews.comJAKARTA-Beberapa hari lalu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan bahwa ada belasan rakyat Indonesia yang terjangkit Virus Corona. Merespon fenomena penyebaran virus tersebut, PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengambil langkah antisipatif.

Direktur – Chief Information and Digital Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam siaran pers yang diterima Mata Madura, Rabu (11/03/2020) menyampaikan, mulai saat ini sejumlah Standard Operation Procedure (SOP) untuk pengamanan lingkungan kantor dan juga karyawan telah dibuat dan dijalankan secara disiplin.

Dasar SOP tersebut dibuat, menurut Yessie D. Yosetya, tidak lain demi menjaga keberlangsungan bisnis XL Axiata. Karenanya, pihak perusahaan menetapkan lingkungan kerja dam para karyawan harus steril.

“Kami antara lain membatasi kunjungan tamu ke dalam semua kantor XL Axiata, baik di pusat maupun di luar daerah. Selain itu, juga ada pembatasan hingga larangan kunjungan anggota manajemen dan karyawan ke negara-negara yang telah terpapar Virus Corona,” katanya, Rabu (11/03/2020).

Yessie, panggilan akrab Direktur – Chief Information and Digital Officer XL Axiata itu menyatakan, penerapan SOP tersebut bukan perkara mudah bagi XL Axiata. Karena sebagai perusahaan berbasis teknologi, jelas memiliki banyak sekali rekanan dari berbagai negara guna mendukung operasional bisnis perusahaan.

Terbukti, pada saat kondisi normal, setiap hari bisa terjadi puluhan pertemuan kerja dengan para vendor di kantor XL Axiata. Namun menurut Yessie, SOP harus dijalankan dengan disiplin dan berbagai solusi diterapkan guna mengatasi situasi dan kondisi yang ada saat ini. Salah satu alternatifnya dengan mengoptimalkan penggunaan fasilitas video conference.

“Seiring dengan perkembangan situasi dan kondisi penyebaran virus di Indonesia, mulai Rabu (11/3), setiap karyawan yang hendak masuk ke dalam kantor juga harus melalui pemeriksaan suhu tubuh. Jika suhu tubuh melebihi 38 derajat Celsius, maka tidak diperbolehkan masuk dan harus melapor ke manajemen. Guna mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan yang bisa saja terjadi, XL Axiata juga telah mengaktifkan Emergency Response Team,” tuturnya.

Menambahkan Yessie, Chief Human Capital Officer XL Axiata, Rudy Afandi menyatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kesadaran semua karyawan di semua level mengenai ancaman Virus Corona, baik bagi diri mereka dan keluarga masing-masing, maupun untuk keberlanjutan bisnis perusahaan yang di dalamnya termasuk menjaga kualitas layanan bagi puluhan juta pelanggan.

“Intinya kami memastikan semua karyawan paham jika tetap sehat, maka perusahaan juga akan tetap beroperasi normal, layanan ke pelanggan normal, bahkan bisnis bisa ditingkatkan. Demikian juga apa konsekuensi yang akan berdampak ke perusahaan jika kita tidak siap menghadapi musibah ini,” pesan Rudy.

Selain itu, XL Axiata juga telah melakukan simulasi pengamanan jika ada karyawan dinyatakan positif terpapar virus. Tujuan dari simulasi tersebut guna menyiapkan semua tim terkait jika sewaktu-waktu harus menghadapi situasi dan kondisi terburuk yang menerpa perusahaan.

“Tidak hanya itu, khusus perjalanan ke luar negeri, XL Axiata telah mengaktifkan peraturan yang melarang dan menunda seluruh perjalanan dinas ke luar negeri hingga batas waktu yang ditentukan,” tegas Rudy.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan