Bedah Rumah dari Baznas Sampang untuk Nenek Mardinep

×

Bedah Rumah dari Baznas Sampang untuk Nenek Mardinep

Sebarkan artikel ini
Bedah Rumah Nenek Mardinep dari Baznas Sampang
Penyerahan Bantuan Bedah Rumah untuk Nenek Mardinep dari Baznas Sampang yang disaksikan oleh Forpimka Camplong, Senin. (matamadura.jamal)

matamaduranews.comSAMPANG-Nenek Mardinep bisa tersenyum. Kini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sampang menyalurkan bantuan Bedah Rumah untuk merenovasi tempat tinggalnya yang tak layak untuk ditempati.

Kehidupan Nenek Mardinep (60) yang tinggal di Dusun Bunut, Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang sempat viral di media mainstream karena ia hidup sebatang kara dan tinggal di rumah yang jauh dari kata layak huni.

Banyak pihak datang membantu untuk meringankan beban hidup Nenek Mardinep.

Kedatangan Baznas Sampang kali ini untuk menyalurkan bantuan program Bedah Rumah Nenek Mardinep.

Bantuan program ini diberikan Staf Pendistribusian Baznas Sampang Taufiq kepada Nenek Mardinep yang diserahterimakan melalui Camat Camplong, Saffak.

Hadir dalam penyaluran bantuan itu, Kapolsek Camplong Iptu Ari dan Kanit Binmas Polsek Camplong Aipda Maulid Hidayat dan anggota Koramil Camplong Pelda Eko Harianto serta Ketua IPNU Camplong Abdurrahim.

BACA JUGA: Nestapa Janda Tua Sebatang Kara di Sampang, Tinggal di Sebuah Gubuk

Kepala Baznas Sampang KH Faidhol Mubarok melalui Staf Pendistribusian Baznas Sampang Taufiq kepada Mata Madura, mengatakan, penyaluran bantuan Baznas Sampang ini semata ingin membantu orang-orang yang tidak mampu dari faktor ekonomi maupun tempat tinggal.

“Baznas ingin mengentaskan kemiskinan dan juga membambatu program pemerintah, Jadi Baznas bersinergi dengan pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, yang bersumber dari dana zakat dan infaq yang diperoleh dari masyarakat kemudian disalurkan kepada yang berhak. Semoga bantuan ini bermanfaat keapada Nenek Mardinep,”katanya usai menyalurkan bantuan Bedah Rumah Nenek Mardinep, Senin (8/2/2021).

Terkait anggaran Bedah Rumah yang diberikan dari Baznas Sampang untuk Nenek Mardinep, kata Taufiq sebesar Rp 12,5 juta.

“Rp 12,5 juta itu dibagi dua termin, pertama Rp 7 juta 500 diberikan saat proses pembangunan. Setelah bangunan berjalan 50 persen baru termin berikutnya sebesar Rp 5 juta,”ucapnya.

BACA JUGA: Nasib Nenek Mardinep Kena Pangkas, Tetap Tinggal di Gubuk Reyot

Camat Camplong Saffak kepada Mata Madura menyampaikan, pihaknya bersyukur, pengajuan untuk Bedah Rumah Nenek Mardinep langsung direspon Baznas Sampang.

“Alhamdulillah, pengajuan kita sudah ditindaklanjuti oleh pihak terkait ( BAZNAS ). Insyaallah bantuan ini akan segera dilakukan. Renovasi rumah Nenek Mardinep sudah diserahkan kepada saya selaku camat untuk pembayaran tahap I sebesar Rp 7.5 juta,” katanya.

Sedangkan untuk pengelolaan pekerjaan Bedah Rumah Nenek Mardinep, dipasrahkan kepada Ikatan Pemudan Nadlatul Ulama.

“Untuk pekerjaannya saya berikan tanggung jawab kepada teman-temen IPNU Camplong untuk selajutnya pembayaran tahap 2 diberikan kalau pekerjaan sudah 50% sebesar Rp 5 juta dengan total 12,5 juta. Harapan saya semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk Nenek Mardinep agar rumah yang ditempati layak untuk ditinggali,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama Camplong Abdurrohim mengatakan, dirinya siap bertanggung jawab atas penyaluran Bedah Rumah dari Baznas Sampang.

“Saya selaku Ketua IPNU Camplong siap bertanggung jawab atas amanah pengelelolaan Bedah Rumah Nenek Mardineb yang di Pasrahkan kepada IPNU,”ucapnya.

Sedangkan untuk pekerjaannya, tambah Abdorrohim masih mau berkomunikasi dengan anggota pengurus IPNU yang lainnya.

“Dengan melihat kondisi Nenek Mardinep yang sangat miris saya dan temen-temen IPNU yang lain merasa prihatin, jadi secepatnya akan kami laksanakan pembangunan biar cepat selesai dan Nenek Mardinep bisa tinggal dirumah yang lebih nyaman dan layak untuk di huni,” terangnya,

Jamal, Mata Madura

KPU Bangkalan