Menu

Belum Diserahkan pada Nelayan, Bantuan Perahu di Dinas Perikanan Sumenep Masih Menunggu Hal Ini

Belum Diserahkan pada Nelayan, Bantuan Perahu di Dinas Perikanan Sumenep Masih Menunggu Hal Ini
Sebanyak 12 Perahu bantuan untuk nelayan berjejer rapi di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Jumat (6/12/2019). (Foto R IST/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Bantuan perahu di Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sampai saat ini belum diserahkan kepada nelayan penerima.

Padahal, sebanyak 12 perahu yang kini tersusun rapi di kantor dinas tersebut sudah ada sekitar satu minggu yang lalu.

Informasi yang didapat Mata Madura, belasan perahu itu akan diberikan pada setiap kelompok di lima kecamatan, yakni Kecamatan Saronggi, Bluto, Raas, Sapeken, dan Giligenting.

Menurut Kasi Sarana dan Prasarana Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Sumenep, Agus Indro Wiyono, bantuan perahu nelayan tersebut masuk dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019.

Makanya, pengadaan bantuan itu baru mulai sistem penunjukan pada awal November 2019 kemarin, dengan ketentuan waktu kontrak 45 hari.

“Tinggal kita proses pembayaran, kebetulan pihak Dinas Perikanan adalah pihak ketiga, kemungkinan minggu depan sudah bisa didistribusikan,” kata Agus, Jumat (6/12/2019).

Tapi sebelum pendistribusian dilakukan, Agus menegaskan pihaknya masih perlu persiapan untuk pembuatan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Setelah itu, NPHD yang sudah dibuat masih harus dicocokkan dengan pihak rekanan. Kemudian juga perlu memanggil para penerima bantuan perahu nelayan tersebut.

“Semuanya kita sudah proses, tapi kita masih butuh waktu dikarenakan penerima bantuan itu bukan cuma dari daratan, tapi juga dari kepulauan,” jelas Agus.

Selain itu, penyerahan juga masih menunggu perlengkapan belasan perahu nelayan tersebut datang. Yakni mesin perahu, pancing ulur, dan jaring.

“Cuma perahunya yang datang lebih awal, perlengkapannya menyusul,” ujar Agus.

Untuk diketahui, bantuan perahu nelayan tersebut ada tiga paket. Ada paket pubu rajungan, paket pancing ulur dan paket jaring, dengan total anggaran sekitar Rp 400 juta.

Rafiqi, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Pilkada 2020

Inspirator

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Olahraga

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: