Menu

Besok, Kerapan Sapi Merebut Tiket Piala Presiden Diikuti 36 Pasang Sapi Kerap

Besok, Kerapan Sapi Merebut Tiket Piala Presiden Diikuti 36 Pasang Sapi Kerap
Kerapan Sapi di Pantai Salopeng Sumenep. (Foto/Bams Yant for Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur terpaksa memajukan jadwal Festival Kerapan Sapi tingkat Kabupaten, besok Minggu, (15/9/2019) di Lapangan Giling Sumenep.

Dalam agenda sebelumnya, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep menetapkan Minggu tanggal 22 September 2019 sebagai waktu kejuaraan Kerapan Sapi antar eks kawedanan Sumenep.

Robi Firmansyah Wijaya kepada sejumlah media mengatakan, waktu Festival Kerapan Sapi tingkat Kabupaten Sumenep sengaja dimajukan atas permintaan para Paguyuban Kerapan Sapi di Sumenep.

“Memang semula diagendakan 22 September. Karena permintaan paguyuban, pagelaran Kerapan Sapi tingkat kabupaten akhirnya dimajukan hari Minggu 15 September,” terang Robi, Jum’at (13/9/2019).

Pagelaran Kerapan Sapi besok menjadi event Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2019. Sehingga para wisatawan manca negara diharap bisa berkunjung ke Sumenep.

Karena itu, Disparbudpora telah mempersiapkan berbagai titik lokasi. Dengan harapan para wisatawan bisa menikmati acara.

“Panitia sudah membersihkan lokasi lapak yang jualan. Sehingga kegiatan Kerapan Sapi bisa dinikmati bersama,” tambah Robi.

Peserta Kerapan Sapi tingkat Kabupaten Sumenep ini akan diikuti para juara di tingkat eks Kawedanan di Sumenep. Tiap eks Kawedanan berhak mengirim enam pasang Sapi Kerap yang pernah juara.

Ada enam eks Kawedanan yang telah menyelenggarakan Kerapan Sapi. Seperti eks Kawedanan Sapudi, Bluto, Ambunten, Kota, Guluk-Guluk dan Batu Putih.

Tiap eks Kawedanan mengirim enam pasang sapi juara. Sehingga ada 36 pasang Sapi Kerap yang akan ikut berlaga di Kerapan Sapi tingkat Kabupaten, besok.

Enam pasang Sapi Kerap juara tingkat Kabupaten Sumenep nanti berhak menjadi peserta Festival Kerapan Sapi tingkat eks Karesidenan Madura untuk memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI yang bertempat di Bangkalan, bulan Oktober mendatang.

Kerapan Sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI ini, merupakan pagelaran budaya tradisional Madura tahunan dan menjadi destinasi wisata budaya Madura.

Ada 24 pasangan Sapi Kerap dari empat kabupaten di Pulau Madura nanti yang akan ikut. Masing-masing kabupaten mengirim enam pasang Sapi Kerap, dari juara menang dan juara kalah.

Khoirul Ibad, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Hukum dan Kriminal

Budaya

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional