Peristiwa

Bupati Fauzi Sampaikan Pesan Kapolri Jelang Operasi Ketupat Semeru 2021

×

Bupati Fauzi Sampaikan Pesan Kapolri Jelang Operasi Ketupat Semeru 2021

Sebarkan artikel ini
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 di lapangan Apel Mapolres Sumenep, Rabu (5/05/2021) pagi. (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan pesan Kapolri pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Rabu (5/05/2021) pagi, di Lapangan Apel Sanika Satyawada Polres Sumenep.

Apel yang dipimpin Bupati Fauzi itu dalam rangka mewujudkan Sitkamtibmas yang kondusif dan memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa serta merayakan Idul Fitri 1442 H di tengah pandemi Covid-19 tahun 2021 dan larangan mudik.

Bupati membacakan sebanyak delapan amanat Kapolri yang perlu dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2021.

Yang pertama, agar para personel menyiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

“Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan
kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror
dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H,” kata Fauzi menyampaikan amanat Kapolri yang ketiga.

Amanat selanjutnya, yaitu agar melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

Kemudian, Kapolri meminta agar laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

“Mantapkan kerja sama, sinergi, dan
soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” tegas Bupati Fauzi terkait amanat keenam.

Ketujuh, Fauzi menyampaikan bahwa Kapolri meminta seluruh personel Polri agar tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) mencegah penyebaran Covid-19. Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Kedelapan, pastikan petugas frontliner (garis depan) telah melaksanakan program vaksinasi sebanyak 2 kali,” ungkapnya.

Selain Bupati Fauzi dan Kapolres Sumenep AKBP Darman, hadir dalam apel tersebut Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, Kajari Sumenep Adi Tyogunawan, dan Ketua PN Sumenep Arie Andhika Adikrisna.

Hadir pula sejumlah kepala OPD, KSOP Kalianget Nanik Tri Suryani, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi diwakili Imamullah, Ketua FKUB Sumenep KH. Machfud Rahman, Senkom diwakili Moch Hasan, Kemenag Sumenep diwakili H.M. Rifa’i Hasyim, Ketua Organda Sumenep RB Agoes Irianto, dan Ketua PA diwakili Laseman.

Rafiqi, Mata Madura

KPU Bangkalan