Menu

Cerita Founder Lüğât.id, Penerima Penghargaan dari Erdoğan

Cerita Founder Lüğât.id, Penerima Penghargaan dari Erdoğan
Imam Syafi'ie, mahasiswa asal Sumenep di Turki Penerima Penghargaan Langsung dari Erdoğan. (Foto for Mata Madura)
Link Banner

Oleh: JM Vivi Violina*

“Banyak anak-anak pintar, tapi tidak punya kesempatan untuk bisa ke luar negeri. Bahkan mungkin di daerah terpencil, sekolah saja terbatas…” begitu ungkapan keresahaan Imam Syafi’ie, founder Lüğât.id.

Imam termasuk anak Indonesia yang beruntung mendapatkan beasiswa pemerintah Turki, YTB Scholarship, hingga melanjutkan gelar magister di negeri dua benua, Turki. Ia juga merupakan mahasiswa berprestasi dan mendapatkan Penghargaan Mahasiswa Internasional Terbaik YTB Scholarship langsung dari Presiden Erdoğan di tahun 2019. Namun, ia menyadari banyak pelajar Indonesia yang tidak punya kesempatan yang sama sepertinya untuk dapat mengecam pendidikan yang baik.

“Belajar bisa di mana saja, dari mana saja, dan kapan saja” kini bukan lagi sebuah hal yang mustahil. Perkembangan teknologi yang kian meningkat membuat semua hal menjadi serba digital. Begitu pula dengan dunia pendidikan yang mulai berinovasi dengan cara online, apalagi di masa pandemi ini.

Cerita Founder Lüğât.id, Penerima Penghargaan dari Erdoğan

Saat ini, para pelajar Indonesia tengah antusias untuk bisa mendapatkan beasiswa penuh kuliah di Turki. Namun, bahasa Turki menjadi kendala yang cukup besar, dikarenakan harus ke Turki dulu untuk bisa ikut kursus bahasa Turki. Sampai akhirnya Imam bersama rekannya, JM Vivi Violina merintis Lüğât.id, platform kursus bahasa Turki online pada tahun 2020. Melalui Lüğât.id, para pelajar Indonesia bisa mendapatkan materi melalui layar komputer tanpa harus ke Turki terlebih dahulu yang mengocek biaya cukup tinggi.

Lüğât.id menjamin materi ajar yang diberikan berkualitas karena menghadirkan tutor-tutor yang juga berkualitas, alumni berprestasi universitas terbaik Turki dan memiliki kecakapan bahasa Turki. Imam percaya, digital adalah salah satu jawaban dan membuat para pelajar Indonesia lebih cepat mengerti Bahasa Turki. Dan memotivasi untuk bisa melanjutkan studi di Turki dengan jalur beasiswa.

Apa saja fakta menarik soal Lüğât.id?

Lüğât merupakan bahasa Ottoman yang diserap dari Bahasa Arap (lughat), yang memiliki arti bahasa. Lüğât.id menawarkan dua level kursus kepada pelajar yang ingin melakukan bimbingan belajar secara online, yaitu level A1 dan dua level sekaligus A1-A2. Pastinya juga, harga yang ditawarkan relatif masih terjangkau.

Pertama, peserta akan mendapatkan kursus belajar online melalui aplikasi Zoom. Banyaknya soal latihan juga semakin menjamin pemahaman peserta terkait materi yang diajarkan.

Cerita Founder Lüğât.id, Penerima Penghargaan dari Erdoğan

Kedua adalah layanan diskusi via Whatsapp grup di mana para peserta dapat bertanya apapun mengenai bahasa Turki, kuliah di Turki dan beasiswa di Turki. Di sini para peserta mendapatkan kesempatan berdiskusi antar sesama peserta lainnya.

Ketiga, disediakan buku panduan khusus dari pusat belajar Bahasa Turki terbaik (TÖMER) milik Ankara University dana juga modul pembelajaran yang telah disediakan khusus oleh tim Lüğaât.id.

Keempat, peserta nantinya juga akan mendapatkan e-sertifikat kecakapan bahasa Turki dan ujian kelayakan yang bisa digunakan ketika ingin melanjutkan studi di Turki.

Lüğât.id berharap, kehadirannya akan menjadi jawaban dan solusi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Turki dan belajar bahasa Turki secara baik dan benar. Sehingga ke depannya juga dapat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di Indonesia.

*Penulis: adalah Mahasiswa Indonesia di Turki, Co-Founder Lüğaât.id.

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

Lowongan
Lowongan

Ra Fuad Amin

Pilkada 2020

Disway

Tasawuf

Inspirator

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: