Data Terbaru Gempa Sapudi, Kerusakan Bangunan Bertambah Dua Kali Lipat

×

Data Terbaru Gempa Sapudi, Kerusakan Bangunan Bertambah Dua Kali Lipat

Sebarkan artikel ini
Rilis Tsunami di Kalianget, Raas dan Sekitarnya
Kepala BPBD Sumenep, Rahman Riadi di Pelabuhan Kalianget, Kamis (18/10). (Foto/Ist)

matamaduranews.com –SUMENEP – Informasi terbaru hingga hari ini, data kerusakan akibat gempa bumi Situbondo di Pulau Sapudi, Sumenep, Madura, Jawa Timur, beberapa waktu lalu, bertambah dua kali lipat dari data sebelumnya.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, laporan terbaru menyebut tambahan dengan angka 472 bangunan yang rusak. “Laporan yang masuk pada kami bertambah, sebelumnya kan 498 rumah. Nah, saat ini menjadi 970 rumah,” kata Kepala BPBD Sumenep, Rahman Riadi di Pelabuhan Kalianget, Kamis (18/10).

Meski begitu, Rahman menyebut data tersebut masih belum final alias perlu dilakukan evaluasi lagi. Dikarenakan ada beberapa kriteria kerusakan yang bisa mendapat bantuan dari pemerintah. “Jadi begini, rumah atau bangunan dikatakan rusak ringan apabila tingkat kerusakannya mencapai 30 persen,” jelasnya.

Sedangkan untuk kerusakan yang masuk kategori sedang, tambah Rahman, apabila tingkat kerusakannya mencapai 45 persen, dan dikatakan rusak berat apabila kerusakannya mencapai minimal 75 persen.

“Oleh karenany, data yang baru ini masih akan kami evaluasi lagi. Artinya, kami tidak ingin bantuan yang akan kami berikan nanti sampai salah alamat. Sehingga ada yang pihak yang dirugikan nantinya,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gempa dengan magnitudo 6,4 SR mengguncang Situbondo, Kamis (11/10) sekitar pukul 01:44:57 WIB dini hari. Dari kejadian itu, daerah terdampak yang paling besar ialah Pulau Sapudi. Ratusan rumah rusak, puluhan warga luka-luka dan sejumlah warga meninggal dunia akibat musibah tersebut.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan