Di Balik Lonjakan Angka Vaksinasi Covid-19 di Sumenep, Ternyata Ini yang Mempengaruhi

Mata Madura - 27/10/2021
Di Balik Lonjakan Angka Vaksinasi Covid-19 di Sumenep, Ternyata Ini yang Mempengaruhi
Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono - (Hambali/Mata Madura)
Penulis
|
Editor Rafiqi
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEPLonjakan angka vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumenep dalam tempo satu bulan terakhir mengalami kenaikan fantastis.

Pada tanggal 20 September 2021, angka vaksinasi warga Sumenep mencapai 12 %. Hanya dalam tempo sebulan sekian hari, angka vaksinasi Covid-19 warga Sumenep mencapai 31,09 %.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Agus Mulyono menyebut peningkatan angka vaksinasi Covid-19 di Sumenep dalam waktu sebulan terakhir diperngaruhi banyak faktor.

Salah satu faktor itu, kata Agus, ada peran empal pilar yang berjenjang dari kecamatan hingga kabupaten untuk mengawal percepatan vaksinasi di Sumenep.

Agus lalu mengajak Mata Madura untuk menyaksikan Rapat Harian Empat Pilar melalui Video Converence (Vidcon) Percepatan Vaksinasi Covid-19 di ruang kerjanya, Senin (25/10/2021) sore.

Ikut dalam Vidcon Harian Percepatan Vaksinasi di Sumenep itu, Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya; Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf. Nur Cholis, A.Md, dan Kapolsek, Camat, Kepala Puskesmas serta Danramil di 27 kecamatan.

Vidcon Harian Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumenep digelar tiap pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Dalam Vidcon harian itu, Kapolres Rahman memimpin pemaparam progres percepatan vaksinasi Covid-19 dari setiap kecamatan.

Terlihat Kapolres Rahman bertanya target vaksin yang akan dilakukan untuk esok hari dari masing-masing Puskesmas.

Percepatan Vaksinasi di Sumenep

Kapala Dinkes Sumenep, Agus Mulyono saat membuka Rapat Harian Empat Pilar melalui Video Converence (Vidcon) Percepatan Vaksinasi Covid-19 di ruang kerjanya, Senin (25/10/2021) sore. (Foto Hambali/Mata Madura)

Kapolres Rahman bersyukur, adanya empat pilar bisa menjadi agen terdepan untuk mengubah perilaku masyarakat dalam penanganan Covid-19.

“Ada perubahan perilaku dari masyarakat dalam menerapkan prokes,” katanya saat Vidcon Percepatan Vaksinasi, Senin sore.

Sementara Dandim Nur Cholis dalam sambutan pembuka berpesan kepada empat pilar untuk terus mendekati masyarakat agar bersedia divaksin.

“Biar tak menjadi kontroversi di tengah masyarakat, pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan secara bijak,” pesannya kepada empat pilar di setiap kecamatan.

Kadinkes Agus kepada Mata Madura mengatakan, sejak menerapkan percepatan vaksinasi Covid-19 di Sumenep, lonjakan angka vaksinasi harian bisa mencapai 11 ribu. Angka terendah harian sekitar 7 ribu vaksin se-Kabupaten Sumenep.

Lalu Kadis Agus menunjuk perolehan vaksin di Kecamatan Kota Sumenep yang mencapai 560 warga pada 25 Oktober 2021.

“Vidcon Harian Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Sumenep ini sangat terasa. Ini tak lepas dari peran bersama dalam mewujudkan warga Sumenep yang memiliki kekebalan menghadapi pandemi Covid,” sambung Agus.

Setiap Puskesmas dengan dibantu elemen masyarakat desa setiap hari mendata warga yang hendak divaksin. Setelah itu warga divaksin, data itu baru disampaikan dalam Vidcon Harian Percepatan Vaksinasi.

“Lewat vidcon harian data vaksinasi bisa terkontrol,” pungkas Agus. (*)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->