Inilah Calon Menteri yang Dipanggil Presiden Jokowi

Mata Madura - 21/10/2019
Inilah Calon Menteri yang Dipanggil Presiden Jokowi
 - ()
Penulis
|
Editor
Link Banner

matamaduranews.com-Ada sejumlah orang yang dipanggil khusus oleh Presiden Jokowi sebagai calon menteri ke Istana Negara, Senin (21/10/2019).

Beberapa nama yang dipanggil mengaku sudah ditawari jadi menteri.

Menurut rencana, para menteri kabinet baru Jokowi ini akan dilantik pada Rabu (23/10/2019).

Hingga Senin pukul 11.24 sudah ada lima orang yang dipanggil. Mereka adalah Mahfud MD, Erick Thohir, Nadiem Makarim, Wishnutama, Tetty Paruntu.

Mahfud MD: Menkumham?

Yang pertama datang ke Istana adalah Mahfud MD. Ia mengaku sudah diminta jadi menteri oleh Jokowi saat bertemu di Istana dan menyatakan kesiapannya.

Mahfud disebut menjadi calon Menkumham. Hal ini pun sudah diakuinya. Nama Mahfud menyisihkan calon Menkumham dari PDIP yang juga merupakan petahana, Yasonna Laoly.

Dalam proses penggodokan sebelumnya, Mahfud sempat menjadi kandidat Jaksa Agung tapi kemudian Jokowi memutuskan posisi ini harus diisi oleh jaksa karier.

“Seperti yang selama ini diisukan. Kan saya banyak disebut katanya Menkumham, Jaksa Agung, Menteri Agama, katanya apa lagi. Pokoknya di bidang itu,” ungkap Mahfud usai bertemu Jokowi.

Tetty Paruntu: Mensos?

Kedatangan Bupati Minahasa Tetty Paruntu ke Istana cukup mengejutkan. Pasalnya, selama ini nama Tetty jarang disebut oleh pengurus Golkar sebagai salah satu kandidat menteri.

Sumber kumparan, menyebut Tetty merupakan calon Menteri Sosial. Golkar memang kembali mengincar posisi Mensos.

Di posisi ini, Golkar “bersaing” dengan PDIP. Sejumlah sumber menyebut, PDIP juga menginginkan posisi Mensos. Nama yang disodorkan oleh PDIP antara lain Juliari P Batubara alias Ari Batubara.

Selain Tetty, kandidat menteri lain dari Golkar yaitu Airlangga Hartarto yang disebut akan menjadi Menko Perekonomian atau Menko PMK, Agus Gumiwang Kartasmita, dan Zainuddin Amali.

Nadiem Makarim: Menkominfo?

Bos Gojek Nadiem Makarim tiba di Istana setelah Tetty Taruntu. Seperti yang lain, Nadiem mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Nadiem juga mengaku ditawari posisi menteri dalam kabinet baru Jokowi.

“Saya mendapat penghormatan yang luar biasa untuk bisa bergabung dengan kabinetnya Pak Presiden. Jadi merupakan kehormatan yang luar biasa,” ujar Nadiem kepada wartawan.

“Saya bersedia, saya menerima,” sambungnya.

Tapi, Nadiem tak ingin menyebut di posisi mana ia akan ditempatkan. Sumber kumparan menyebut, Nadiem akan menempati posisi Menkominfo untuk menggantikan Rudiantara.

Wishnutama: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif?

Pendiri NET.TV Wishnutama juga dipanggil Jokowi ke Istana. Ia tiba sekitar pukul 11.15 WIB. Namun, Wishnutama masih tutup mulut soal posisi apa yang akan ditempatinya.

Sejumlah sumber menyebut komisaris kumparan ini akan menempati posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kementerian ini merupakan hasil perubahan nomenklatur. Jokowi menambahkan ekonomi kreatif di pos kementerian pariwisata.

Erick Thohir: Menteri BUMN?

Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, juga menjadi salah satu calon menteri Jokowi. Ia tiba di Istana juga mengenakan kemeja putih. Namun, Erick masih bungkam soal posisinya kelak.

Sumber kumparan menyebut, Erick merupakan calon menteri BUMN. Mantan Wapres Jusuf Kalla turut mendorong Erick menjadi menteri BUMN.

Selain posisi Menteri BUMN, Erick juga sempat disebut sebagai calon Ketua KEIN di kabinet baru Jokowi.

Redaksi

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->