Menu

Jet Matic dan Abah Sahid; Legendaris Kerapan Sapi asal Sampang

Jet Matic dan Abah Sahid; Legendaris Kerapan Sapi asal Sampang
Abah Ji Sahid
Link Banner

matamaduranews.com-Abah Sahid, Sampang sudah akrab bagi pecinta Kerapan Sapi di Madura. Namanya tenar karena selama hidup senang bantu orang. Termasuk menjadi sosok legendaris bagi pecinta Kerapan Sapi.

Abah Sahid yang memiliki Sapi Kerap bernama Jet Matic. Lalu mendirikan Jet Matic Foundation. Sebuah Yayasan yang membina dan melestarikan Kerapan Sapi di Sampang.

Abah Sahid memiliki nama lengkap H Moh. Sahid bin Jasmawar. Orang biasa memanggil Ji Sahid atau Abah Ji Sahid tinggal di Desa Ketapang Barat, Kecamatan Ketapang, Sampang.

Abah Sahid menjadi Tokoh Masyarakat Sampang yang disegani karena memiliki banyak pengaruh. Selain itu, Abah Sahid dikenal sebagai Bos Bertaji. Banyak usaha bisnis yang digelutinya. Salah satunya, bisnis properti.

Abah Ji Sahid wafat pada usia 68 tahun, pada hari Jumat jam 10.30 WIB (29/3/2019) di Rumah Sakit Premier, Surabaya karena penyakit komplikasi.

H Hakiki, penerus Abah Ji Sahid bercerita. Semasa hidup, Abah Sahid sudah ikut kejuaraan Kerapan Sapi Gubeng sejak tahun 1960.

Setiap event Kerapan Sapi tingkat Madura, Abah Sahid tak pernah absen. “Sejak perlombaan Kerapan Sapi bernama Gubeng, tahun 1960. Hingga berubah menjadi Kerapan Sapi Piala Presiden pada 1980-an, Abah Sahid tak pernah absen mengikutkan sapi kerapnya,” cerita H Hakiki, kepada Mata Madura, Minggu sore (06/10/2019).

Banyak Sapi Kerap yang dipelihara Abah Sahid. Salah satu Sapi Kerap yang tersohor adalah Jet Matic. Sapi Kerap ini langganan kejuaraan di Piala Presiden.

Sapi Kerap Jet Matic

Diceritakan H Hakiki, Sapi Kerap Jet Matic kali pertama juara di ajang Piala Presiden 2010. Gelar juara tetap diraih pada kejuaraan Piala Presiden tahun 2011 di Pamekasan.

“Karena langganan juara, Sapi Kerap Jet Matic tahun 2011, ada yang nawar Rp 1 miliar. Tapi, Abah Sahid tak tertarik,” ceritanya.

Sapi Kerap Jet Matic memang selalu juara di pentas piala Presiden. Pada event kejuaraan Piala Presiden 2017, Jet Matic berhasil menjadi juara dua bagian atas.

Pada kejuaraan Piala Presiden 2018, Jet Matic menyabet juara 3 bagian atas. Dan pada kejuaraan Piala Presiden 2019 di Bangkalan, Jet Matic berhasil menjadi juara pertama.

Almarhum Abah Sahid telah banyak berbuat untuk daerah Sampang dan ikut melestarikan kebudayaan Madura.

Salah satunya, mendirikan Jet Matic Foundation sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial dan budaya. Terutama melakukan pembinaan bagi pecinta Kerapan Sapi di Sampang dan Madura.

Bersinarlah Jet Matic Foundation. Jagalah Budaya Kerapan Sapi.

Selamat Jalan H Sahid.

Syaiful, Mata Bangkalan

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Iklan
Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Inspirator

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional