Juli 2021, Pilkades Serentak di Bangkalan Dianggarkan Rp 10 Miliar

×

Juli 2021, Pilkades Serentak di Bangkalan Dianggarkan Rp 10 Miliar

Sebarkan artikel ini
Juli 2021, Pilkades Serentak di Bangkalan Dianggarkan Rp 10 Miliar
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, Akhmad Ahadiyan Hamid.(matamadura.syaiful)

matamaduranews.com-BANGKALAN-Tak lama lagi. Sekitar bulan Juli 2021. Sebanyak 120 desa di Bangkalan akan menggelar Pilkades serentak.

Untuk membantu kelancaran pelaksanaan Pilkades serentak dan gratis ini, Pemkab Bangkalan mealokasikan Rp 10 miliar.

“Kami alokasikan anggaran bantuan keuangan Rp 10 miliar untuk biaya Pilkades serentak dari APBD,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, Akhmad Ahadiyan Hamid kepada wartawan di kantornya, Selasa (29/12/2020).

Dengan anggaran itu, panitia pemilihan di setiap desa akan menerima bantuan keuangan. Layaknya penyelenggara Pemilu di tingkat kabupaten atau kota.

Menurut Hamid, anggaran tersebut disalurkan ke Panitia Pemilihan Desa (PPD) melalui kas desa masing-masing.

Besaran anggaran Pilkades setiap desa berbeda-beda, tergantung pada jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Nantinya jika ada kekurangan anggaran pilkades dalam tiap desa bisa dianggarkan dari Anggaran Dana Desa (ADD). Itu diperbolehkan asalkan tidak melebihi anggaran dari APBD,” tambahnya.

Dicontohkan oleh Diet, sapaan akrab Kepala DPMD, jika anggaran yang didapat kurang lebih Rp 50 juta di desa tersebut dari anggaran APBD. Maka, alokasi dana ADD tersebut tak boleh melebihi dari anggaran APBD.

“Jika yang didapat dari APBD untuk dana pilkades itu kurang lebih 50 juta, jika memang dirasa kurang bisa ambil dari ADD tapi harus dibawahnya, itupun jika alokasi ADD itu ada,” papar Diet.

Syaiful, Mata Madura

KPU Bangkalan