Berita Utama

Koesman Hadi Pastikan Akses Komunikasi di Kepulauan Normal

×

Koesman Hadi Pastikan Akses Komunikasi di Kepulauan Normal

Sebarkan artikel ini
Koesman Hadi Pastikan Akses Komunikasi di Kepulauan Normal

Aspirasi warga kepulauan terkait akses komunikasi bakal segera teratasi. Melalui Dinas Komunikasi dan Informasi, Pemkab Sumenep pastikan normal mulai tahun ini.

Kepala Diskominfo Sumenep, Koesman Hadi. (Foto Rusydiyono, Mata Madura)
Kepala Diskominfo Sumenep, Koesman Hadi. (Foto Rusydiyono, Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP – Persoalan infrastruktur dan listrik yang melilit warga Kepulauan di Kabupaten Sumenep adalah yang mengemuka. Tapi selain itu, akses telekomunikasi dan informasi juga menjadi masalah yang harus dicarikan alternatif. Tak heran, yang terakhir ini menjadi aspirasi utama warga kepulauan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Aspirasi itu disampaikan saat Bupati KH A. Busyro Karim melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah kepulauan awal Oktober lalu. Warga kepulauan banyak yang meminta supaya akses telekomunikasi dan informasi itu dibenahi. Karena selain sarana transportasi, akses tersebut menjadi kebutuhan utama warga kepuluan dari sekian banyaknya kebutuhan.

Soal tersebut, misalnya disampaikan Busairi, salah seorang pemuda di Kecamatan Raas. Kata dia, masyarakat kepulauan berharap banyak terhadap Pemkab Sumenep akan terpenuhinya sarana informasi itu. Karena selain untuk mempermudah komunikasi dengan pihak kabupaten saat ada pengaduan persoalan pelayanan di kepulauan, akses komunikasi itu akan sangat bermanfaat bagi warga pulau yang akan melakukan komunikasi jarak jauh dengan kerabatnya yang berada di daerah perantauan.

”Seperti yang telah diketahui, di kepulauan itu masyarakatnya banyak yang merantau. Sehingga, keluarganya yang ditinggal itu sangat membutuhkan akses jaringan supaya bisa berkomunikasi dengan keluarganya yang merantau,” ucapnya.

Menanggapi permintaan dan keluhan tersebut, Bupati Busyro Karim yang saat itu membawa serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Koesman Hadi, meminta untuk menjelaskan upaya-upaya yang selama ini dilakukan. Koesman, panggilan akrabnya, pun langsung melaksanakan intruksi Bupati. Secara detail, mantan Kadisnaker itu menjelaskan perrihal usaha Bupati untuk memenuhi akses komunikasi, khususnya di daerah kepulauan.

”Sejak awal memang diusahakan akses komunikasi dan informasi di daerah kepulauan itu bisa terfasilitasi,” terang Koesman.

Tidak hanya itu, Koesman mengaku sejak awal tahun 2017 kemarin Bupati Busyro Karim sudah berkirim surat usulan ke Pemerintah Pusat yang ditujukan kepada Kementerian Kominfo. Salah satu isi surat usulan Bupati itu, di antaranya bagaimana supaya masyarakat kepulauan bisa menikmati akses telekomonikasi dan informasi yang layak dan nyaman.

Untuk akses komunikasi dan informasi, dalam usulan itu terdapat 19 poin dan secara umum memang diarahkan untuk wilayah kepulauan. Akan tetapi, dalam perkembangannya dari yang 19 usulan tersebut hanya ada lima usulan prioritas yang akan diselesaikan tahun 2017 ini.

”Di antara titik di daerah Kepulauan yang akan dibangun akses komunikasi dan informasi tahun ini ada Desa Karang Nangka, Kecamatan Raas; Desa/Pulau Saobi, Kecamatan Kangayan; Desa Buddi, Kecamatan Arjasa; dan Desa Sabunten, Kecamatan Sapeken,” kata Koesman, menjelaskan.

| rusydiyono/rafiqi

KPU Bangkalan