Korban Puting Beliung Guluk-Guluk Bisa Ajukan Stimulan ke Pemkab Sumenep, Begini Caranya

×

Korban Puting Beliung Guluk-Guluk Bisa Ajukan Stimulan ke Pemkab Sumenep, Begini Caranya

Sebarkan artikel ini
BPBD Sumenep Serahkan Bantuan pada Korban Puting Beliung Guluk-Guluk
Kepala BPBD Sumenep, R. Abd. Rahman Riadi didampingi Camat Guluk-Guluk, Syamsuri (kiri) menyerahkan bantuan kepada korban bencana puting beliung di Balai Desa Ketawang Laok, Kecamatan Guluk-Guluk, Jumat (20/12/2019). (Foto Rafiqi/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Korban terdampak bencana angin puting beliung di wilayah Kecamatan Guluk-Guluk, Kamis (19/12/2019) lalu, akhirnya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep mengunjungi lokasi bencana sekaligus memberikan bantuan terpal dan sembako kepada para korban pada Jumat (20/12/2019) kemarin.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala BPBD Sumenep, R. Abd. Rahman Riadi didampingi Camat Guluk-Guluk, Syamsuri bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) di Balai Desa Ketawang Laok.

“Kami memberikan sembako dan terpal dengan harapan bantuan awal ini bisa lebih meringankan beban korban bencana,” ucap Rahman, Jumat (20/12/2019).

Menurut dia, bantuan awal tersebut memang tak seberapa. Tetapi, itu merupakan bentuk kepedulian Pemkab Sumenep kepada para korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Guluk-Guluk.

“Ini semata-mata bentuk respon dari Pemerintah Kabupaten Sumenep terhadap bencana puting beliung yang melanda warga Ketawang Laok,” ungkap Rahman.

Sementara Camat Syamsuri menjelaskan, bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat Ketawang Laok karena di desa tersebut lebih banyak mengalami kerusakan dibandingkan dengan dua desa lainnya.

“Di sana korban terdampak bencana kemarin lebih banyak,” ujar mantan Camat Bluto itu.

Lebih lanjut, Syamsuri menyampaikan bahwa para korban yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana angin puting beliung itu bisa mengajukan bantuan stimulan untuk membantu biaya perbaikan rumahnya.

“Untuk masyarakat yang membutuhkan dana bantuan perbaikan rumah yang rusak akibat bencana kemarin, dianjurkan mengajukan surat permohonan bantuan melalui kepala desa dan kecamatan,” imbaunya.

Hal itu disampaikan Camat Syamsuri sebagaimana intruksi Kepala BPBD Sumenep, Abd. Rahman Riadi. Saat menyerahkan bantuan awal, Rahman berharap agar Camat Guluk-Guluk dan Pj Kepala Desa segera mengusulkan bantuan stimulan.

“Untuk mendapatkan stimulan keuangan dari Pemkab, caranya dengan melengkapi persyaratan berupa foto kopi KTP, KK dan foto kerusakan rumah yang bersangkutan untuk dilakukan rekap usulan kegiatan bantuan dari Pemkab Sumenep,” jelas Rahman.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras yang disusul angin puting beliung Kamis siang menerjang tiga desa di Kecamatan Guluk-Guluk hingga mengakibatkan kerusakan sejumlah rumah dan bangunan, tiang listrik roboh, dan beberapa pohon tumbang.

Selain memporak-porandakan Desa Ketawang Laok (Dusun Talang, Bunkandeng dan Duko Timur), Desa Pananggungan (Dusun Temor Leke) dan Desa Guluk-Guluk (Dusun Guluk-Guluk Timur) juga terdampak bencana tersebut.

Bahkan, angin puting beliung siang itu juga merembet ke luar Kecamatan Guluk-Guluk, yakni di Desa Bataal Barat, Kecamatan Ganding, tepatnya di Dusun Sumber Payung.

Rafiqi, Mata Madura

KPU Bangkalan