Bisnis

PDAM Sumenep Perluas Jaringan Dengan Biaya Murah Pasang Baru

×

PDAM Sumenep Perluas Jaringan Dengan Biaya Murah Pasang Baru

Sebarkan artikel ini
PDAM Sumenep
Lokasi perluasan jaringan baru PDAM Sumenep di JL Dr Cipto Sumenep

matamaduranews.comPerusahan Daerah Air Minum (PDAM) Sumenep perluas jaringan setelah menerima penyertaan modal Rp 5,2 miliar dari Pemkab Sumenep.

Direktur PDAM Sumenep, Febmi Noerdiansya mengatakan,
perluasan jaringan baru dilakukan di beberapa lokasi untuk menambah pelanggan pasang baru dengan biaya murah.

“Biaya pelanggan baru dikenakan harga murah,” kata Febmi saat ditemui Mata Madura, Senin 14 Agustus 2023 di kantornya.

Jaringan pipa baru yang kini dipasang PDAM terdiri dari pipa dua sepanjang 13 Km dan pipa menengah sepanjang 7 Km. Dengan jangkauan 1.042 pelanggan.

Febmi menyebut, planggan lama PDAM Sumenep sekitar 15 ribu pelanggan. Adanya perluasan jaringan, bisa menambah pelanggan baru.

Febmi bersyukur PDAM Sumenep  mendapat suntikan penyertaan modal Rp 5,2 M dari Pemkab bisa perluas jaringan dan memperbaiki berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pelanggan.

Dana itu, kata Febmi sebagai bentuk talangan APBD yang bakal digantikan melalui hibah air minum program sambungan pelanggan baru yang diluncurkan kementerian pemerintah pusat.

“Kami bersyukur mas. Sebelumnya tidak pernah terjadi untuk PDAM Sumenep. Dapat dana talangan dan hibah semacam ini. Kalau sukses tahun ini bisa terus berlanjut setiap tahun dari pusat,” kata Febmi menambahkan.

Terkait perluasan jaringan baru di sepanjang JL Dr Cipto. Febmi menarget tuntas sebelum akhir Agustus 2023.

“Sebelum akhir Agustus 2023, mulai dari pemadatan hingga pengaspalan tuntas,” terang Febmi.

Febmi juga menyinggung beberapa kendala pemasangan pipa baru. Salah satu faktornya ada jaringan kabel internet yang putus.

Sebelum dilakukan perluasan jaringan di sepanjang JL Dr Cipto. PDAM Sumenep sempat mengundang perwakilan RT/RW, kepala desa dan  menemui warga sekitar dari rumah terdampak. PDAM mensosialisasikan adanya pengerjaan jaringan baru PDAM. (bahri)

KPU Bangkalan