Catatan

Pelajaran Untuk Wartawan Dari Dahlan Iskan

×

Pelajaran Untuk Wartawan Dari Dahlan Iskan

Sebarkan artikel ini
Catatan Dahlan Iskan
Catatan Dahlan Iskan hasil wawancara dengan Pangdam V/Brawijaya di kertas sobekan kotak snack. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY

Tapi kalau sumber beritanya seperti Pangdam Farid penulisnya bisa sambil bersiul. Dari sekali bertemu Jenderal Farid saya bisa mendapat lima calon lead.

“Anak Pasar jadi Jenderal” di edisi kemarin dulu itu, juga kata-kata Farid. Lalu lead yang saya pakai hari ini. Demikian juga yang akan saya jadikan lead edisi besok pagi.

Bagaimana kalau sulit menemukan kalimat yang bisa dijadikan lead? Jangan berpikir terlalu keras. Tulis saja apa yang keluar dari pikiran. Pun kalau itu bukan pilihan terbaik. Lalu Anda hapus. Tulis lagi yang lain. Yang mungkin juga belum menarik. Hapus lagi. Sampai ketemu sendiri lead yang terbaik.

Zaman muda dulu, saat awal-awal jadi wartawan, urusan lead ini paling meneror. Maka setiap kali selesai wawancara pikiran langsung bertanya: apa lead-nya nanti. Sepanjang perjalanan pulang ke kantor pun pikiran fokus ke mencari lead. Kadang sampai lampu bang-jo tidak terlihat. Ditangkap polisi.

Begitu lead ditemukan, bagi saya, 50 persen tulisan sudah selesai. Cerita bisa dialirkan dari lead itu.

Lead itu ibarat ibarat gincu. Menarik untuk dilihat. Penting untuk dibayangkan. (DAHLAN ISKAN)

 

Komentar Pilihan Dahlan Iskan*

Edisi 14 Januari 2023: Tertutup Terbuka

Klik…

https://disway.id/read/678826/sobekan-lead

KPU Bangkalan
Tanah Kas Desa
Hankam

matamaduranews.com-WINANTO bertanya lokasi TKD ber-Letter C yang ramai…