Ketua AKD: Tuntutan Jabatan Kades 9 Tahun Bakal Dikabulkan 2023

matamaduranews.com-Selasa 17 Januari 2023. Area depan gerbang Gedung DPR RI dipenuhi ribuan Kepala Desa dari Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Pabdesi).

Mereka membawa sejumlah atribut, di antaranya spanduk, tulisan dan bendera Indonesia.

Arus lalu lintas di depan DPR RI tampak dialihkan. Massa aksi tampak tumpah ke jalan.

Mereka para Kades menuntut DPR RI merevisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 pasal 39 tentang Desa.

Ketua AKD (Asosiasi Kepala Desa) Kabupaten Sumenep, Miskun Legiyono, menyebut Kepala Desa seluruh Indonesia berkumpul dan berkonsolidasi untuk mengubah pasal dalam UU Desa tentang masa jabatan kepala desa diperpanjang menjadi 9 tahun.

“Kami minta kepada Bapak Presiden dan Ketua DPR RI, agar UU 2014 ini direvisi, jabatan Kades diubah jadi 9 tahun,” kata Miskun Legiyono melalui keterangan kepada media di depan Gedung DPR, Selasa, 17 Januari 2023.

Menurut Kades Yon-panggilan akrab Miskun Legiyono, masa jabatan 6 tahun sangat kurang. Karena pendeknya masa jabatan Kades membuat kinerja Kades sulit direalisasikan. Dan situasi politik desa belum reda pasca Pilkades.

“Alhamdulillah. Tuntutan kami didengar. InsyaAllah akan dikabulkan pada tahun ini, 2023,” terang Kades Pangarangan, Kota Sumenep ini kepada media.

BACA JUGA :  Mutasi Pertama di Masa Bupati Achmad Fauzi
Demo Kades
Aksi para Kades se Indonesia di depan Gedung DPR RI yang menuntut revisi UU Desa agar jabatan Kades diubah yang semula 6 tahun menjadi 9 tahun.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menemui massa aksi para Kades. Politisi Gerindra ini, naik ke mobil komando dan menyampaikan bahwa revisi akan dilakukan melalui Badan Legislasi.

Dasco memastikan aspirasi Kades didengar. Namun, kata dia, ada prosedur yang mesti dilalu sebelum usulan revisi direalisasi.

“Kami minta pada perwakilan juga melobi pemerintah dan pada siang ini perwakilan kawan-kawan sudah disiapkan untuk audiensi dan menyampaikan poin-poin atau apa saja yang minta direvisi,” kata Dasco lewat pengeras suara.

Seperti diketahui, sejumlah Kades se Indonesia berkumpul bersama Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) menggelar aksi di depan gedung DPR RI.

Sebanyak enam bus membawa 330 kepala desa (Kades) se Kabupaten Sumenep ke Jakarta pada Senin pagi, 16 Januari 2023.

Ratusan kepala desa itu bergabung bersama puluhan ribu Kades se Indonesia untuk melakukan aksi damai di Jakarta pada hari Selasa 17 Januari 2023.

Ketua AKD (Asosiasi Kepala Desa) Kabupaten Sumenep, Miskun Legiyono dipercaya mengkoordinir aksi damai ratusan Kades se Madura Raya dan Tapak Kuda ke Jakarta. (*)

Komentar