Pembentukan Kampung Tangguh Desa Marengan Laok Dapat Dukungan Dandim Sumenep

×

Pembentukan Kampung Tangguh Desa Marengan Laok Dapat Dukungan Dandim Sumenep

Sebarkan artikel ini
Kampung Tangguh Semeru
Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf Ato Sudiatna menyerahkan bantuan kepada Desa Marengan Laok, Kecamatan Kalianget saat peresmian Kampung Tangguh Semeru, Kamis (28/05/2020). (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Pembentukan Kampung Tangguh Semeru di Desa Marengan Laok, Kecamatan Kalianget, Kamis (28/05/2020) kemarin mendapatkan dukungan dari dari Komandan Kodim 0827/Sumenep, Letkol Inf Ato Sudiatna.

Dandim Ato menyampiakan hal ini ketika melakukan pengecekan terhadap kesiapan peralatan yang dibutuhkan dalam pembentukan kampung penanggulangan Covid-19 yang diresmikan oleh Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim.

“Intinya kami sangat mendukung sekali adanya kampung tangguh ini, mengingat masa pademi yang diprediksi akan berkepanjangan,” terangnya di sela-sela kesibukan melakukan peninjauan.

Dalam menghadapi berbagai bencana, menurut Dandim Ato kekuatan masyarakat merupakan bagian terpenting yang harus disiapkan, agar masyarakat bisa segera mampu keluar dari kondisi bencana yang menimpanya.

“Dibentuknya kampung tangguh ini akan memaksimalkan peran masyarakat untuk bersama-sama membatu Pemerintah menghadapi pandemi Covid-19,” jelas dia.

Bac Juga: Kampung Tangguh Semeru, Cara Sumenep Bangkitkan Gerakan Gotong Royong Cegah Penyebaran Covid-19

Selain itu, dengan terbentuknya Kampung Tangguh Semeru itu tentunya akan mengefektifkan langkah-langkah Pemerintah Daerah dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumenep.

“Tentu ini sangat membantu kita dalam mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Dandim Ato.

Sementara guna mengefektifkan keberadaan Kampung Tangguh Semeru tersebut, Kodim 0827 Sumenep akan melakukan pelatihan singkat seperti memberikan panduan operasional, melakukan edukasi, memonitor pergerakan masyarakat yang keluar masuk lingkungan, melakukan screening awal serta mengorganisir bantuan logistik.

“Sampai saat ini kami sudah banyak menerima laporan dari beberapa wilayah yang sedang membentuk kampung tangguh. Dan mereka semua nantinya akan kami beri pelatihan,” tegas Dandim Ato.

Rafiqi, Mata Madura

KPU Bangkalan