Pengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram Mengeluh

matamaduranews.comPengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram mengeluh karena tidak bisa memakai ketiga aplikasi media sosial tersebut. Hal ini terjadi lantaran adanya masalah di Domain Name System (DNS).

Pengguna Facebook dan Intagram mengatakan kalau aplikasi tersebut tidak bisa digunakan dan muncul kalimat “Silahkan Periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti.”

“Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. jika ejannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics,” kalimat yang muncul ketika membuka aplikasi Facebook.

Pengguna ponsel juga mengeluhkan kalau aplikasi Facebook dan Instagram tidak dapat digunakan dan muncul tulisan “Silahkan periksa koneksi Anda dan coba lagi nanti.”

BleepingComputer, mencoba melakukan uji coba terhadap server DNS ketiga aplikasi tersebut yang hasilnya nihil. Situs Downdetector.com mengklaim kalau hal serupa terjadi di Negara-negara lain.

Ada sekitar 60 ribu pengguna yang mengeluhkan Facebook bermasalah, WhatsApp ada sekitar 54 ribuan pelanggan yang melaporkan masalah, sedangkan untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1.691 dan 2984 laporan tentang masalah tersebut.

BACA JUGA :  Ini Fokus Pembangunan Jaringan XL Axiata di Tahun 2022

Belum ada keterangan resmi lebih lanjut dari Facebook mengenai masalah server down ini. Banyak dari para pengguna tiga aplikasi tersebut yang mengutarakan kekecewaannya di media sosial Twitter.

Keluhan dari pengguna aplikasi tersebut bahkan menjadi trending topik di Twitter pada senin (4/10/2021) malam. Sampai berita ini ditulis, ada sekitar 212 ribu pengguna Twitter yang mencuit soal #internetshutdown. (kempalan)

Komentar