Peristiwa

Perahu Nelayan Ditabrak Tugboat, 12 Orang Terlempar di Laut Masalembu

×

Perahu Nelayan Ditabrak Tugboat, 12 Orang Terlempar di Laut Masalembu

Sebarkan artikel ini
Perahu Nelayan Ditabrak Tugboat, 12 Orang Terlempar di Laut Masalembu
Tugboat AS Marina sandar di Pelabuhan Masalembu. 12 nelayan Lamongan yang menjadi korban tabrakan laut itu berhasil dievakuasi (Foto Humas Polres Sumenep).

matamaduranews.comMASALEMBU-Naas benar nelayan asal Lamongan ini. Ketika hendak mancing ikan di perairan Pulau Masalembu, Sumenep, Madura, perahu yang dinaiki hancur dan tenggelam setelah ditabrak kapal tugboat misterius pada hari Minggu (24/11/2019) dini hari.

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti dalam rilis kepada sejumlah media mengatakan, tabrakan laut ini mengakibatkan 12 nelayan Lamongan yang menaiki KMP Bini Andika terlempar ke laut.

“Tidak ada korban meninggal dalam kecelakaan laut ini. 12 nelayan di perahu Bini Andika berhasil dievakuasi ke terminal dermaga Masalembu. Semua nelayan diperiksa petugas medis dari Puskesmas Masalembu. Semua nelayan sehat. Tidak ada yang kritis. Rencananya 12 nelayan asal Lamongan ini akan dipulangkan menuju Surabaya menaiki kapal Dharma Kartika,” tulis AKP Widi.

Menurut Widi, saat insiden tabrakan, petugas radio pantai Masalembu menerima informasi lewat radio VHF bahwa ada kapal nelayan membutuhkan pertolongan pada koordinat 05.43’731”S/11.00’342’E.

“Pada pukul 04.45 WIB, tugboat  AS Marina berhasil mengevakuasi 12 nelayan KMP Bini Andika lalu membawa ke Pulau Masalembu. Dan tiba jam 12.00 WIB di dermaga Masalembu,” sambungnya.

Dikatakan, insiden tabrakan laut berawal saat perahu nelayan asal Lamongan KMP Bini Andika sedang lego jangkar. Para nelayan di atas perahu sudah memberi tanda. Karena kapal misterius itu terus melaju lalu terjadi tabrakan.

Akibat tabrakan itu, perahu nelayan asal Lamongan retak. Semua nelayan di atas perahu terlempar. Mereka berenang di laut bebas.

Beberapa menit kemudian, ada kapal Tugboat AS Marina menolong 12 nelayan yang mengalami kecelakaan.

Berikut Daftar 12 Nelayan Lamongan yang berhasil dievakuasi :

  1. Abdul Wahab ( nahkoda )
  2. Didik Kufanto
  3. Supriyadi
  4. Khairul Sokikin
  5. Abdul Wahap
  6. Johan Josep
  7. Ali Sodikin
  8. Abidin Slamet
  9. Aldi Rahman
  10. Fahriz Hozaini
  11. 11.Rolius Irawan
  12. Slamet Abidin.

Ibad, Mata Madura

KPU Bangkalan