Menu

R Mas’oed, Tokoh Sumenep Award 2017 Kategori Pencipta Logo Sumekar

  Dibaca : 509 kali
R Mas’oed, Tokoh Sumenep Award 2017 Kategori Pencipta Logo Sumekar
R. Mas'oed (kiri), Tokoh Berjasa Pencipta Logo Sumekar dalam Sumenep Award 2017.
Link Banner

R. Mas’oed (kiri), Tokoh Berjasa Pencipta Logo Sumekar dalam Sumenep Award 2017.

SOSOK BERJASA PEMBUAT LAMBANG DAERAH

MataMaduraNews.comSUMENEP – Tidak bisa dipungkiri, banyak warga Kabupaten Sumenep yang tidak tahu siapa sebenarnya pencipta Lambang Kabupaten di ujung timur pulau Madura ini. Yaitu lambang kabupaten yang bergambar “Kuda Terbang”. Sebab sosok ini luput dari perhatian, karena tidak pernah ditampilkan ke permukaan. Padahal, sosok ini sangat berjasa yang telah menciptakan ikon kabupaten Sumenep, dengan menciptakan lambang  “Kuda Terbang” tersebut.

Ia adalah R. Mas’oed, lahir di Sumenep pada tanggal 30 Maret 1926, yakni sebelum kemerdekaan. Bertempat tinggal di Jl. Pepaya Gg IV/ No 8. Kelurahan Karangduak, Kecamatan Kota Sumenep. Bapak enam anak ini, merupakan pensiunan Pejabat Negara yang bertugas di bagian Kasubsi Lukisan.

Awal mula pembuatan Lambang daerah ini terjadi di masa Pemerintahan Bupati  Sumenep, Drs. Abdurrachman pada tahun 1965. Waktu itu, Sumenep belum memiliki lambang daerah. Hanya berupa stempel yang bergambar Garuda Pancasila yang digunakan sehari-hari. Maka Ketua DPRD-GR kala itu, R. Soekadimoeljo dan Sekwannya, H.R. Samioedin B.A (Mantan Walikota-Madya Mojokerto) mengadakan sayembara, siapa yang bisa membuat lambang Sumenep, yang sesuai dengan sejarah daerah setempat.

Ketika diadakan sayembara itu, warga berbondong-bondong mengikutinya. Ketika itu tercatat sebanyak 51 peserta yang mengikuti sayembara tersebut. Dari jumlah itu, hanya tiga orang yang masuk nominasi. Di antaranya, R. Mas’oed, Nyi Sukarami (Ms) dan Zainal Arifin (Zata). Tetapi akhirnya dari tiga nominasi itu, tim juri memutuskan karya R. Mas’oed, sebagai pemenangnya. Hingga saat ini karya R. Mas’oed, lambang Kabupaten Sumenep, dengan gambar “Kuda Terbang” tetap dipakai dan dipatenkan menjadi lambang Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Logo Sumekar asli hasil karya R. Mas’oed yang ada di rumah almarhum.

Menurut R. Mas’oed, pencipta Lambang Daerah, lambang Sumenep yang berbentuk perisai menggambarkan keberanian dan kesiapsiagaan masyarakat Sumenep dalam menghadapi berbagai tantangan, serta mempertahankan kemakmuran. Sedangkan lima sudut yang melingkari merupakan bentuk falsafah dasar Negara Pancasila. Sementara di dalam perisai terdapat “kuda bersayap”  berwarna kuning emas diambil dari kisah kepahlawanan kuda sakti Jokotole.

Sayap Kuda melambangkan keberanian, patriotisme dan dinamika kehidupan masyarakat Sumenep. Warna kuning mengagungkan Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan di bawah Kuda ada sebuah pita yang bertuliskan “Sumekar” yang bermakna senantiasa selalu berkembang.

Kuda dalam keadaan beraksi menantang ke depan. Kepala sedikit menunduk dan menoleh ke kiri. Bulu sayap kuda berjumlah 17 lembar menggambarkan pada tanggal 17, bulu ekor berjumlah 8 buah menggambar bulan Agustus, dan bulu leher yang berjumlah 45. Mengingatkan pada tahun 1945 yang merupakan tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Pita dalam perisai berwarna putih, dan tulisan dengan warna merah, melambangkan sang merah putih. Sedangkan warna hijau melambangkan cita-cita yang terus diperjuangkan.

Maka dari itu, dilihat dari kontribusinya terhadap pemerintah daerah kabupaten Sumenep, dengan torehan prestasi dan jasanya yang telah melahirkan karya terbaiknya berupa Lambang Kabupaten Sumenep yang bergambar “Kuda Terbang”, yang tetap digunakan hingga sekarang, maka tim penilai memandang perlu R. Mas’oed untuk mendapatkan  penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Sumenep. Sebagai bentuk apreasiasi terhadap kreativitasnya yang sangat berharga dan berarti bagi Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Karena berkat kreasinya itu, Kabupaten Sumenep memilik simbol atau ikon yang dikenal oleh masyarakat luar. Bahwa Kabupaten Sumenep, berciri khas “Kuda Terbang”  yang bermakna luas, di samping memiliki latar belakang sejarah Keraton dengan aneka ragam budaya. Serta kehidupan sosio-kultur yang dinamis di bawah semangat patriotisme serta semangat juang 1945 di bawah falsafah Pancasila sebagai lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

| Tim Penilai Sumenep Award 2017 Kategori Tokoh Pencipta Logo Sumekar

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional