Rapid Test Setiap Penumpang KMP di Pelabuhan Kalianget

×

Rapid Test Setiap Penumpang KMP di Pelabuhan Kalianget

Sebarkan artikel ini
Rapid Test Setiap Penumpang KMP di Pelabuhan Kalianget

matamaduranews.com-SUMENEP-Sumenep terus melakukan pencegahan penularan Covid-19.

Seperti yang dilakukan Perusahaan Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan  Sumenep, menggelar Rapid Test kepada seluruh penumpang KMP yang akan berangkat dari Pelabuhan Kalianget baik yang menuju ke Kepulauan maupun ke Pelabuhan Jangkar Situbondo, bertempat di Pelabuhan Pelindo III Kalianget, Rabu (3/6/2020).

General Manager (GM) Pelabuhan Pelindo III Kalianget, Retno Pujianto mengatakan, target rapid test untuk di Pelabuhan Kalianget sebanyak 3.500 pcs, untuk digunakan oleh seluruh penumpang yang akan berangkat dari Pelabuhan Kalianget, baik yang akan ke Kepualauan maupun yang menuju Pelabuhan Jangkar Situbondo, selama tiga hari ke depan.

Selanjutnya Retno menambahkan, apabila masih terdapat sisa rapid test pada durasi waktu tiga hari tersebut, sisanya dapat digunakan oleh warga sekitar (Kecamatan Kalianget) untuk melakukan rapid test.

Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim,  mengapresiasi kegiatan rapid test yang dilakukan oleh Pelindo III Kalianget sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Bupati Kiai Busyro juga berharap kepada pihak Pelindo III agar penumpang yang menuju ke Pelabuhan Kalianget baik yang dari kepulauan maupun Pelabuhan Jangkar juga dilakukan rapid test.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Kusmawati, selaku korlap pada pelaksanaan rapid test tersebut menjelaskan, dari hasil rapid test kepada penumpang yang berangkat hari ini, dengan tujuan Kepulauan Raas, Gayam dan Jangkar sebanyak 415 orang, serta Petugas Pelabuhan sebanyak 35 orang hasilnya non reaktif.

“Alhamdulillah ternyata semua hasil test-nya hari ini non reaktif, kami ucapkan terima kasih kepada pihak Pelindo yang telah menggelar rapid test kepada warga Kabupaten Sumenep yang akan menuju Kepulauan maupun ke Pelabuhan Jangkar,” tegasnya.

Ibad, Mata Madura

KPU Bangkalan