Live Update
covid-19 indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal
Rp 215 Juta Biaya Perawatan per Pasien Corona. Tiap Hari Habis Rp 283,3 M - MATA MADURA

Menu

Rp 215 Juta Biaya Perawatan per Pasien Corona. Tiap Hari Habis Rp 283,3 M

Rp 215 Juta Biaya Perawatan per Pasien Corona. Tiap Hari Habis Rp 283,3 M
Ilustrasi
Link Banner

matamaduranews.com-Seluruh biaya perawatan pasien Corona alias Covid-19 memang ditanggung Kementerian Kesehatan dan klaim BPJS Kesehatan.

Namun, nilai biaya pengobatan itu dinilai anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo terlalu mahal. Dia minta biaya perawatan pasien Covid-19 di Indonesia dievaluasi.

Dalil Rahmad adalah perbedaan biaya pengobatan pasien Covid-19 di Singapura dan Indonesia.

“Perbedaannya sangat signifikan. Makanya saya kira, apakah biaya yang mahal ini wajar dan sudah sesuai dengan fasilitas perawatan,” ujar Rahmad dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 31 Mei 2020, seperti dikutip RMOL.

Rahmad menyebut, biaya perawatan tiap pasien Covid-19 di Indonesia berkisar antara Rp 150 juta hingga Rp 215 juta. Sedangkan di Singapura hanya Rp 61 juta hingga Rp 82 juta.

Baru-baru, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut biaya perawatan pasien Covid-19, paling murah Rp 105 juta. Kalau yang ada penyakit tambahan bisa mencapai Rp 215 juta per pasien.

“Kalau kita lihat dari data-data, kena Covid itu per orang bisa Rp 105 juta. Kalau yang ada penyakit tambahan Rp 215 juta kalau enggak salah. Mahal banget,” kata ErickThohir dalam diskusi virtual pada Jumat (29/5/2020), seperti dikutip kumparan.

Seperti diketahui, rumah sakit di Singapura yang mengharuskan orang asing membayar biaya perawatan, mematok biaya perawatan antara 6.000-8.000 dolar Singapura, atau setara dengan Rp 61 juta hingga Rp 82 juta. Bahkan di China dan Thailan biaya perawatan pasien covid-19 hanya Rp 48 juta.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Ahmad Yurianto, mengungkapkan segala biaya penanganan pasien covid-19 ditanggung negara.

Menteri Keuangan mengeluarkan surat edaran bahwa Rumah Sakit bisa mengajukan klaim ke Kementrian Kesehatan untuk mengganti Biaya Perawatan Covid-19.

SK Menteri Keuangan Nomor S-275/MK 02/2020 itu, tertanggal 6 April 2020 berisi: Kementerian Kesehatan  akan mencairkan langsung 50% klaim rumah sakit. Sisanya dikucurkan setelah BPJS Kesehatan melakukan verifikas.

Pemerintah sebelumnya telah menganggarkan Rp 75 triliun untuk kesehatan, terutama dalam mengahadapi Covid-19. Salah satunya dialokasikan untuk insentif tenaga medis.

Untuk tenaga medis pusat akan diberikan insentif sebesar Rp 1,3 triliun dan daerah Rp 4,6 triliun.

Insentif tenaga medis ini dialokasikan untuk 132 rumah sakit rujukan yang ada di pusat dan daerah.

Secara rinci, insentif untuk dokter spesialis diberikan Rp 15 juta per bulan, dokter biasa Rp 10 juta, perawat Rp 7,5 juta, dan tenaga kesehatan lainnya dan bidang administrasi lainnya Rp 5,5 juta.

Ini diberikan selama enam bulan.

Dalam SK tersebut dirincikan, biaya perawatan Pasien Covid-19 tanpa Komplikasi yang dirawat di ruang ICU dengan ventilator menelan biaya Rp15,5 Juta/hari.

Kemudian di ruang isolasi tanpa ventilator Rp12 Juta/hari.

Ruang isolasi tekanan negatif dengan ventilator Rp10,5 Juta/hari.

Ruang isolasi tekanan negative tanpa ventialtor: Rp7,5 Juta/hari.

Ruang isolasi non tekanan negatif dengan ventilator: Rp10,5 Juta/hari.

Ruang isolasi non tekanan negatif tanpa ventilator: Rp7,5 Juta/hari

Kemudian untuk golongan Pasien Covid-19 yang Memiliki Komplikasi atau Penyakit Penyerta sebelumnya. Seperti Jantung, Ginjal, Hipertensi, Diabetes, Paru-Paru, Hepatitis B dan penyakit lainnya. Bila dirawat di ruang ICU dengan ventilator biayanya mencapai Rp16,5 Juta/hari.

Ruang ICU tanpa ventilator: Rp12,5 Juta/hari. Ruang isolasi tekanan negatif dengan ventilator: Rp14,5 Juta/hari.

Ruang isolasi tekanan negatif tanpa ventilator: Rp9,5 Juta/hari. Ruang isolasi non tekanan negatif dengan ventilator: Rp14,5 Juta/hari. Ruang isolasi non tekanan negatif tanpa Ventilator: Rp9,5 Juta/hari.

Jika dihitung, maka biaya untuk satu pasien dirawat selama (minimal) 14 hari adalah sebesar Rp105 Juta.

Itu dengan grade biaya terendah.

Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah hingga Minggu (31/5/2020) pukul 12.00 WIB, mencapai 26.473 kasus positif.

Lantas, berapa besar biaya yang dikeluarkan pemerintah hingga saat ini?

Simulasi:

Apabila disimulasikan, biaya terendah perawatan seluruh pasien COVID-19 di RI saat ini sekitar Rp 52,6 miliar dalam sehari.

Angka itu didapat dari kasus aktif 17.170 pasien Corona dikali biaya perawatan terendah, berjumlah Rp 7,5 juta.

Lalu, apabila disimulasikan dengan biaya rawat tertinggi, Rp 16, 5 juta per hari. Total biaya yang ditanggung pemerintah per hari-nya adalah Rp 283,3 miliar.

redaksi

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :
Lowongan

Ra Fuad Amin

Tasawuf

Catatan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: