Menu

Siapkan Kader 2019-2020 Jadi Jurnalis Andal, LPM Dialektika INKADHA Sumenep Gelar DJTD

Siapkan Kader 2019-2020 Jadi Jurnalis Andal, LPM Dialektika INKADHA Sumenep Gelar DJTD
Sekretaris DPC PWRI Sumenep, Rusydiyono saat mengisi materi Teknik Reportase pada DJTD yang digelar LPM INKADHA Sumebep untuk kader angkatan 2019-2020, Selasa (11/01/2021). (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Guna menyiapkan kader angkatan 2019-2020 menjadi jurnalis kampus yang andal, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dialektika Institut Kariman Wirayudha (INKADHA) menggelar Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD), Selasa (12/01/2021).

Kegiatan pelatihan yang berlangsung di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Sumenep ini merupakan program kerja Bidang Pengkaderan LPM Dialektika INKADHA Periode 2020-2021.

Pimpinan Umum (PU) LPM Dialektika, Fathorrosi menjelaskan, DJTD 2019-2020 tersebut akan berlangsung selama dua hari sampai Rabu (13/01/2021) besok.

Setiap hari, kegiatan digelar dari pagi hingga sore dengan berbagai materi dan pemateri yang telah ditentukan.

“Dalam kegiatan ini kita bekerja sama dengan  DPC PWRI Sumenep, baik tempat, pemateri, dan publikasi,” jelas Rosi, ketika sambutan, Selasa (12/01/2021) pagi.

Hadir dalam pembukaan DJTD, Ketua DPC PWRI Sumenep Helman Jr, Presiden Mahasiswa (Presma) INKADHA Zubairi, perwakilan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) INKADHA Fathorrahman, dan Pengurus LPM Dialektika.

Menurut Rosi, DJTD 2019-2020 penting dilaksanakan sebagai modal awal untuk para kader aktivis pers mahasiswa (Persma) agar bisa mengetahui dunia jurnalistik.

“Supaya mempunyai modal awal untuk lebih lanjut mengetahui dunia jurnalistik, sehingga tidak kebingungan ketika turun lapangan menjadi wartawan kampus,” tuturnya.

Karena itulah, meski pelaksanaan DJTD diikuti oleh beberapa anggota saja, Rosi berharap tetap bisa memberikan manfaat terhadap para kader LPM di kampus INKADHA untuk menjadi aktivis Persma.

“Kesuksesan DJTD tidak dilihat dari peserta, etapi kontribusi terhadap INKADHA,” tegas mahasiswa semester 5 INKADHA itu.

Sementara Presiden Mahasiswa INKADHA, Zubairi berharap, pelaksanaan DJTD tersebut tidak hanya sebatas acara tahunan saja. Tetapi ada tindak lanjut nyata berupa realisasi program LPM Dialektika.

“Kami harap tidak hanya menjadi acara tahunan. Tetapi juga ada kegiatan yang menyusul selanjutnya,” pesan Zubairi.

Sekretaris LPM Dialektika INKADHA sekaligus Ketua Panitia, Moh. Amin Rais menambahkan, ada lima materi selama dua hari pada DJTD tahun 2021 ini.

Hari pertama setelah pembukaan diisi dengan materi Pengantar Jurnalistik oleh Fathorrosi, PU LPM Dialektika 2019-2021, dlinajutkan materi Teknik Reportase oleh Rusydiyono, Sekretaris PWRI Sumenep dan wartawan Mata Madura.

“Materi ketiga Teknik Menulis Berita oleh Kak Hairul Arifin, mantan PU LPM Dialektika Pertama sekaligus Pemred SuaraBangsa.co.id,” jelas Amin.

Sedangkan hari kedua hanya diisi dengan dua materi. Yaitu Teknik Menulis Artikel oleh Syarwini Syair, salah seorang penulis di Sumenep, dan materi Manajemen Redaksi oleh Rafiqi, Koordinator Bidang OKK DPC PWRI Sumenep sekaligus Redaktur Pelaksana Mata Madura.

Rafiqi, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

MMN

Ra Fuad Amin

Disway

Tasawuf

Inspirator

Catatan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: