Menu

Sidang Isbat Digelar, Kapan Lebaran?

Sidang Isbat Digelar, Kapan Lebaran?
Tim Falakiyah Kemenag RI melaksanakan sidang isbat Lebaran 2020 mulai pukul 16.45-17.45 WIB. Sidang Isbat kali ini disiarkan di TVRI serta YouTube dan Fanpage Kemenag. (matamadura)
Link Banner

matamaduranews.com-Tim Falakiyah Kemenag RI melaksanakan sidang isbat Lebaran 2020 mulai pukul 16.45-17.45 WIB. Sidang Isbat kali ini disiarkan di TVRI serta YouTube dan Fanpage Kemenag.

Dari siaran persnya, diterangkan sidang isbat diawali dengan paparan posisi hilal saat matahari terbenam oleh Cecep Nurwendaya.

Setelah mendengar paparan posisi hilal atau bulan baru, Menteri Agama, Fachrul Razi akan melanjutkan dengan sidang isbat (penentuan) 1 syawal 1441 H.

Sidang isbat dihadiri Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, serta pejabat Kemenag. Perwakilan ormas Islam juga dapat mengikuti sidang isbat melalui webinar yang telah disiapkan pada pukul 18.15 WIB.

Dalam sidang itu, Menag akan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia dengan sidang secara tertutup.

Jika hilal terlihat pada Jumat sore ini, maka umat Islam dapat merayakan Lebaran/Idul Fitri pada Sabtu (23/5/2020) besok.

Sebaliknya, bila bulan sabit muda pertama tidak terlihat sore nanti, bulan Ramadhan akan digenapkan menjadi 30 hari.

Dengan demikian, umat Islam akan merayakan Lebaran/Idul Fitri pada Minggu (24/5/2020). Sehingga umat Islam masih akan berpuasa, Sabtu besok.

Sementara itu, Lembaga Penerbangan Antariksa Negara (LAPAN) menyebut, Lebaran 2020 atau Idul Fitri 1441 H di Indonesia, akan seragam.

Hal ini diungkapkan Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin lewat akun Instagram pribadinya sebagaimana dikutip Tribunnews.com, Jumat (22/5/2020).

Menurut Thomas, Idul Fitri 1441 H akan jatuh pada Minggu (24/5/2020) lusa.

Thomas menjelaskan, pada saat Mahrib akhir 29 Ramadhan atau Jumat (22/5/2020) hari ini, bulan masih berada di bawah ufuk. Sehingga dipastikan tidak ada rukyat yang berhasil.

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak.

Lantaran bulan masih berada di bawah ufuk, maka bulan Ramadhan akan diistikmalkan atau digenapkan menjadi 30 hari.

“Idul Fitri 1441 Hakan jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020,” tulisnya dalam akun instagramnya.

Meski demikian, Thomas meminta masyarakat untuk menunggu hasil sidang isbat penentuan) 1 syawal 1441 H yang digelar Kementerian Agama (Kemenag), Jumat hari ini. (redaksi)

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

Lowongan

Hukum & Kriminal

Ra Fuad Amin

Disway

Tasawuf

Inspirator

Catatan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: