Nasional

Soal Pindah Ibu Kota, Jokowi Dapat Tawaran Kerja Sama dari Korsel

×

Soal Pindah Ibu Kota, Jokowi Dapat Tawaran Kerja Sama dari Korsel

Sebarkan artikel ini
ibu kota dipindah
Presiden Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Hotel Westin, Senin (25/11/2019). (Foto: Biro Pers Setpres)

matamaduranews.com-JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat tawaran kerja sama dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in terkait pemindahan ibu kota Indonesia. Dilansir dari cnnindonesia.com, tawaran tersebut didapat Jokokowi dari Moon dalam pertemuan bilateral kedua negara.

“Saya mengerti pemindahan ibu kota merupakan tugas dan fokus pemerintahan di periode kedua ini,” kata Moon, seperti dikutip dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, di Westin Chosun Hotel, Busan, Senin (25/11).

Jokowi menyambut positif tawaran kerja sama teknis pembangunan ibu kota baru itu. Rencananya, RI memindahkan ibu kota dari DKI ke wilayah Kalimantan Timur. Rancangan pembangunan ibu kota baru ini sendiri dimulai akhir 2020 mendatang.

“Saya harapkan kerja sama tersebut dapat mengembangkan ibu kota Indonesia baru yang smart, green, safe, inclusive dan resilient,” ujarnya.

Di sisi lain, Jokowi mengharapkan investasi Korea akan terus meningkat di masa depan. Ia juga menyambut positif peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara, terutama di tengah situasi ekonomi dunia yang sedang sulit.

“Di tengah situasi sulit seperti ini, upaya memperkuat kerja sama di antara kita menjadi lebih penting artinya,” tutur Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu juga berharap perundingan Indonesia-Korea Selatan Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) segera ditandatangani awal tahun depan.

“Saya harap dokumen ini ditandatangani pada awal 2020. IK-CEPA adalah simbol komitmen kedua negara bagi keterbukaan ekonomi,” tandasnya.

cnni/red

KPU Bangkalan