Soal Proyek di Kangean, Komisi III DPRD Sumenep Kecewa Atas Komitmen Bina Marga

×

Soal Proyek di Kangean, Komisi III DPRD Sumenep Kecewa Atas Komitmen Bina Marga

Sebarkan artikel ini
Proyek Kangean Jadi Sorotan
Dul Siam, Ketua Komisi III DPRD Sumenep (foto:istimewa)

matamaduranews.comSUMENEP-Setelah loyalis Fauzi-Eva yang bersuara lantang. Kini giliran Komisi III DPRD Sumenep yang juga mengaku kecewa atas komitmen Bina Marga untuk Proyek Peningkatan Jalan Angon-angon-Pajenangger, Kangayan, Sumenep senilai Rp 1,252 miliar yang tak kunjung dikerjakan.

Dul Siam, Ketua Komisi III DPRD Sumenep dalam keterangan yang diterima Mata Madura menyebut, Dinas PU Bina Marga sebagai OPD pelaksana program infrastruktur jalan tak bisa dipegang komitmennya seperti apa yang disampaikan saat rapat bersama Komisi III.

“Saya sangat kecewa dengan pemerintah, terutama Dinas Bina Marga,” sebut Dul Siam melalui WhatsApp, Minggu 8 Agustus 2021.

Kata Dul Siam, kekecewaan itu bukan hanya masyarakat Kangean atas ingkar komitmen melaksanakan pekerjaan proyek sesuai rencana jadwal pekerjaan (time schedule).

Tapi, semua anggota komisi III sebagai mitra kerja dinas sangat kecewa karena Dinas Bina Marga di depan semua anggota komisi bersuara lantang dan berkomitmen untuk melaksanakan pekerjaan jalan poros Kalinganyar-Cellong (Peningkatan Jalan Angon-angon-Pajenangger, Kangayan, red) pada tanggal 5 Agustus.

“Saat kita panggil ke komisi III, Dinas Bina Marga dengan lantang & tegas untuk memulai pekerjaannya tanggal 5 Agustus karena tak perlu menunggu alat berat yang dari Sumenep. Sementara, untuk yang 2 paket aspal buton paling lambat alat berat akan sampai lokasi tgl 15 Agustus. Itu pernyataan & komitmen Kadis Bina Marga di ruang komisi III,” jelas politisi PKB ini.

Dalam pertemuan dengan komisi III itu, Dul Siam juga mempertanyakan sikap antisipasi Kadis PU Bina Marga Eri Susanto ketika alat berat dan pekerjaan tak sesuai dengan rencana jadwal pekerjaan (time schedule)

“Dinas dengan tegas menyatakan bahwa tiga pekerjaan itu tetap akan selesai sebelum habis masa kontraknya,” sambungnya.

Karena itu, Dul Siam berencana akan memanggil kembali Dinas PU Bina Marga untuk mempertanggungjawabkan ucapan dan komitmennya terhadap tiga paket proyek jalan di Pulau Kangean.

Seperti diketahui, Muchtar Rafieq sebagai Loyalis Fauzi-Eva di Pulau Kangean meradang melihat pekerjaan fisik Proyek Peningkatan Jalan Angon-angon-Pajenangger, Kangayan, masih 0%.

“Bilangnya mau kerja tanggal 5 Agustus. Dinas juga bilang ke Komisi 3 DPRD Sumenep kalau pertengahan Agustus alat beratnya dipastikan datang ke lokasi proyek. Mana? lha wong pekerjaan fisik saja 0%,” sebut Itang kepada Mata Madura, Minggu siang (8/8/2021) via WhatsApp.

Dari hasil penelusuran Mata Madura di situs lpse.sumenepkab.go.id, ada tiga paket pekerjaan proyek di Kangean yang SPK-nya sudah keluar bulan Mei.

  1. Peningkatan Jalan Batu Guluk-Arjasa dengan Pagu proyek Rp 1.458.600.000,00 ( Rp 1,458 miliar). Pelaksana CV. MERUBETIRI. Dalam proses tender pelaksana menawar sekitar 5,3 %. Sehingga nilai nontrak lokasi itu sebesar Rp 1.382.704.961,00. (SPK, Mei).
  2. Peningkatan Jalan Torjek-Jembatan Daandung, Kangayan. Pelaksana ), CV RIDHOJAYA NUSANTARA. Dalam proses tender itu, pelakana menawar sekitar 5,5% dari Pagu Rp 1.383.747.200,00 (Rp 1,383 miliar). Nilai Kontrak pekerjaan itu menjadi Rp 1.307.502.878,00. (SPK 24 Mei)
  3. Peningkatan Jalan Angon-angon-Pajenangger, Kangayan. Pagu proyek sebesar Rp 1.590.160.000,00. (Rp 1,590 miliar). Pemenang tender CV Nonanitano setelah menawar sekitar 21,3 % dari pagu. Sedangkan Nilai Kontrak Rp 1.252.252.013,54 (Rp 1,252 miliar). Surat Perintah Kerja keluar pada bulan Mei.

hambali rasidi

KPU Bangkalan